PERAN KELUARGA DALAM SASTRA ANAK BANYUMAS DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ummi Lapiana Universitas Jenderal Soedirman
  • Wiekandini Pandanwangi Universitas Jenderal Soedirman
  • Aldi Aditya Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak akhir tahun 2019 secara tidak langsung membawa pengaruh kepada masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak. Dengan adanya wabah ini anak-anak merasa ketakutan, tertekan dan khawatir dengan berbagai perubahan dan adaptasi terhadap kebiasaan baru yang harus dibangun. Hal tersebut karena kebijakan pemerintah menetapkan protokol kesehatan berupa pembatasan semua aktivitas di luar rumah dan menjauhi kerumunan yang kemudian diikuti dengan pelaksanaan sekolah secara daring. Namun di sisi lain, kedekatan dan komunikasi yang intens dengan keluarga menjadi lebih terbangun karena kondisi yang memaksa semua orang untuk tetap berada di rumah. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana fungsi dan peran keluarga dalam sastra anak Banyumas di masa pandemi. Data Primer dalam penelitian ini adalah buku kumpulan cerita anak berjudul “Sejuta Cerita Anak Banyumasâ€. Buku ini merupakan karya dari para pemenang sayembara menulis yang diadakan oleh Forum Anank Banyumas tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi pustaka. Data dipilih dan dianalisis sesusai dengan kebutuhan penelitian. Dari hasil analisis diketahui bahwa tiap anggota keluarga memiliki perannya masing-masing, baik sebagai ayah, ibu maupun anak. Keluarga di dalam kumpulan cerita anak “Sejuta cerita Anak Banyumas†juga memiliki beberapa fungsi antara lain fungsi biologis, psikologis, sosial budaya dan pendidikan.

 Kata Kunci: peran dan fungsi keluarga, covid, cerita anak Banyumas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi.

Endraswara, S. (2002). Reformasi Pembelajaran Sastra Anak ke Arah Penanaman Budi Pekerti. Makalah disampaikan dalam Pertemuan Ilmiah Nasional (PILNAS)XII. Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI). Kerjasama Hiski, Majalah Horison, Pusat Kebudayaan Jepang, Balai Bahasa Yogyakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta: 8-10 September.

Goble, F. G., (2006). Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Patricia, N. T. (2016). Fungsi dan Peran Keluarga dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Undas Balai Bahasa Kalimantan Timur,12(1), 61-74.

Santosa, P. (2004). Pengetahuan dan Apresiasi Sastra dalam Tanya Jawab. Flores: Nusa Indah

Santoso, Q. R. dkk. (2021). Sejuta Cerita Anak Banyumas. Banyumas: Sip Publishing.

Sukaimi, S. (2012). “Peran Kedua Orang Tua dan Keluarga (Tinjuan Psikologi Perkembangan Islam Dalam Membentuk Kepribadian Anak).†Sosial Budaya 9 (1): 109–20. https://doi.org/10.24014/sb.v9i1.373.

Ulfa, M. & Na`imah. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28.

Winarni, R. (2004). Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-01-11