PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DALAM PENINGKATAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PENYAKIT JAHE DENGAN BAKTERI PGPR

Authors

  • Yulmira Yanti Universitas Andalas Padang
  • Hasmiandy Hamid Universitas Andalas Padang
  • Dede Suhendra Universitas Andalas Padang
  • Juniarti Juniarti Universitas Andalas Padang
  • Ilham Putra Universitas Andalas Padang

Abstract

Kecamatan Guguak merupakan satu diantara beberapa sentra tanaman biofarmaka yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Kendala dalam melaksanakan budidaya tanaman padi yang masih ditemukan diantaranya adalah kurangnya pengetahuan petani tentang teknik budidaya dan pengendalian penyakit pada tanaman Jahe. Tujuan kegiatan ini ialaha mendorong petani agar dapat menggunakan biopestisida Yuyaos berbahan aktif rizobakteri dalam pencegahan dan pengendalian penyakit yang menyerang tanaman jahe serta meningkatkan produksi. Kegiatan pengabdian masyarakat di Nagari Sungai Talang, Kecamatan Guguak melalui penerapan teknologi pengendalian penyakit tanaman jahe dengan biopestisida Yuyaos berbahan aktif Rizobakteri dilaksanakan dengan menerapkan Model Community Development. Pada metode ini secara langsung dilibatkan sebagai subyek dan obyek dalam pelaksanaan kegiatan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diantaranya ialah, masyarakat bersedia untuk menerapkan teknologi biopestisida Yuyaos berbahan aktif Rizobakteri di lahannya. Berdasarkan hasil kuisioner juga diketahui pemahaman dan wawasan petani bertambah setelah diperkenalkan teknologi biopestisida Yuyaos berbahan aktif Rizobakteri.

 

Kata Kunci: biopestisida,  rizobakteri, PGPR, jahe, pemberdayaan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hapsoh, Yaya. H. & Elisa. J., 2010. Budidaya dan Teknologi Pascapanen Jahe. Medan: USU Press.

Kloepper, J. W., Ryu, C. M., dan Zhang, S. 2004. Induced Systemic Resistance and Promotion of Pant Growth by Bacillus spp. The American Phytopathological Society. Vol. 94, No. 11.

Taufik, Muhammad, Hidayati, S. H., Suastika, G., Sumaraw, S. M., & Sujiprihati, S. Kajian Plant Growth Promoting Rhizobacteria sebagai Agens Proteksi Cucumber Mosaic Virus dan Chilli Veinal Mottle Virus pada Cabai. Hayati. Vol. 12 (2)

Badan Pusat Statistik. 2021. Kabupaten Lima Puluh Kota Dalam Angka. BPS Kabupaten Lima Puluh Kota.

Yanti, Y., Hamid, H., Umami, I. M., Triana, L., & Hermeria, N. 2019. Sosialisasi dan Aplikasi Rhizobakteri Dalam Budidaya Tanaman Jahe di Kelompok Tani Inovasi Jorong Belubus Nagari Sungai Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Logista, 5(2), 336–344.

Yanti, Y & Z. Resti. 2013. Introduksi Formula Isolat Bakteri Endofit Indigenos Pada TanamanBawang Merah Untuk Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas axonopodispv. allii). Makalah disampaikan dalam seminar nasional BKSPTN Wilayah Barat di Universitas Tanjung Pura. Pontianak.

Downloads

Published

2023-01-12