PKMS PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UMKM DODOL RUMPUT LAUT DI DESA SAMPULUNGAN KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI
Abstract
Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas UMKM Dodol Rumput Laut yang ada di desa Sampulungan Kabupaten Takalar melalui pelatihan pemasaran berbasis media sosial dan pengadaan penambahan alat produksi, peningkatan pengetahuan mitra mengenai laporan keuangan dan peningkatan pengetahuan mitra mengenai inovasi dan desain produk. Pengabdian pada masyarakat ini berlangsung tiga tahap. Tahap pertama, yakni mengadakan sosialisasi dan pelatihan kepada para mitra; tahap kedua, yakni melakukan pendampingan; dan tahap ketiga, mengevaluasi dan merefleksi hasil dari pendampingan, penyuluhan, dan pelatihan yang telah diberikan kepada mitra di desa Sampulungan. Setelah melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan terhadap UMKM Dodol Rumput laut, 1) mitra melakukan inovasi produk dari segi kemasan dan varian rasa, 2) Mitra mampu membuat gambar desain kemasan sederhana dengan menggunakan aplikasi Canva, dan 3) Mitra sudah dapat melakukan pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp Group, Facebook dan  marketplace.
Â
Kata Kunci: Peningkatan pendapatan, Inovasi, Pemasaran Berbasis media Sosial.Downloads
References
Abdi, J. K., Kepada, P., Pengelolaan, M., Bagi, K., Menengah, U. K., Desa, D., Kabupaten, W., Nuning, S., Dewi, N., & Fittriya, N. L. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Kecil Menengah Di Desa Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 139–145. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13843
Anis S, Nandiroh , & Supriyanto A. (2007. Usaha Peningkatan Produktivitas Dengan Productivity Evaluation Tree (PET) Models. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, V(3), 106-112.
Devi Maulidasari, C., & Rahmad Hidayat, M. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 3(2). http://jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/1379
Fatimah, N. (2014). Produktivitas Budidaya Jamur Tiram Dalam Peningkatan Pendapatan Pada Usaha Mitra Mandiri Di Kelurahan Simpang Baru Kec. Tampan Pekanbaru ( Suatu Pendekatan Ekonomi Islam). Riau: reporsitory UNI Suska Riau.
Farm, R. Y. P. (n.d.). Strategi Pemasaran Menggunakan Media Sosial untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Retrieved December 21, 2022, from https://www.academia.edu/33764605/Strategi_Pemasaran_Menggunakan_Media_Sosial_untuk_Meningkatkan_Jumlah_Pelanggan
Kemenkop UKM Siapkan Sejumlah Stimulus untuk UMKM pada 2021. (n.d.). Retrieved December 21, 2022, from https://money.kompas.com/read/2021/02/13/185755126/kemenkop-ukm-siapkan-sejumlah-stimulus-untuk-umkm-pada-2021
Putri , M. (2017, Oktober). Pengaruh Profitabilitas Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pulp & Paper Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jom FISIP, IV(2), 1-12.
PP No 7 (2021). Tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Shanti Akhiriani, Akhiriani, S., & Indrayani, N. (2017). Peningkatan Produktivitas Agroindustri Sabun Susu Kambing Etawa “AFINDAâ€. Warta Pengabdian, II(4), 121-138. doi::10.19184/wrtp/v11i4.7241
Sumodiningrat, Gunawan and Wulandari, Ari. (2016). Membangun Indonesia dari Desa Pemberdayaan Desa sebagai Kunci Kesuksesan Pembangunan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Media Pressindo, Yogyakarta