SURVEI MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SINTANG KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Muhammad Alief Pujangga IKIP PGRI Pontianak
  • Zusyah Porja Daryanto IKIP PGRI Pontianak
  • Utami Dewi IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor instrinsik dan ekstrinsik minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sintang Kabupaten Sintang. Dalam penelitian ini menggunakan variabel tunggal  yaitu “minat siswa†dengan metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk survei dan angket sebagai alat pengumpul datanya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan faktor instrinsik minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sintang Kabupaten Sintang berada di ketegori “Sedang†yang paling dominan pada indikator rajin dan kesungguhan, indikator motivasi dan indikator keluarga. Sedangkan faktor ekstrinsik minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sintang Kabupaten Sintang berada di ketegori “Sedang†yang paling dominan pada indikator keluarga dan guru/pelatih.

 

Kata Kunci: Minat, Ekstrakurikuler Sepak Bola

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtra, R. (2022). Buku Ajar Permainan Sepak Bola. Tebing Padang: Sukabina Press.

Gani, A., Ismaya, B., & Dimiyati, A. (2021). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Sepak Bola di SMP 1 Lemahabang Karawang. Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin. 47–54.

Hutagaul., Simanjuntak, V. G., & Hidasari, F. P. (2020). Minat dan Motivasi Siswa Ekstrakurikuler Sepak Bola di SMP Kemala Bhayangkari Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-12