PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Abstract
Dalam era digital, peserta didik memanfaatkan smarthphone sebagai platform untuk mencari bantuan dan informasi, memberlakukan strategi pembelajaran, dan pembelajaran kolaboratif secala online. Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul elektronik (e-modul) berbasis android dengan pendekatan STEM pada pembelajaran fisika tentang fluida dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluaion). Penelitian ini akan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan produk akan diujicobakan oleh guru dan peserta didik sekolah menengah atas dalam bentuk kuesioner skala Likert. Hasil produk ini disarankan dapat menjadi alat yang efektif dan kuat dan efektif untuk memungkinkan siswa memahami pelajaran fisika ke dalam STEM.
Â
Kata Kunci: Android, E-modul, Fluida Dinamis, STEMDownloads
References
Agustia, F. S., & Fauzi, A. (2019). Learning media analysis in the development of Physics E-modAgustia, F. S., & Fauzi, A. (2019). Learning media analysis in the development of Physics E-module for Senior High School with land and forest fire theme. Journal of Physics: Conference Series, 11. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012077
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
DataReportal.com. (n.d.). Digital in Indonesia: All the Statistics You Need in 2021 — DataReportal – Global Digital Insights. Retrieved June 25, 2021, from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia?rq=indonesia
Depdiknas. (2017). Panduan praktis penyusunan E-Modul. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA.
Gs.statcounter.com. (n.d.). Mobile Operating System Market Share Indonesia | StatCounter Global Stats. Retrieved June 25, 2021, from https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia
Head, B. A., Schapmire, T., Earnshaw, L., Faul, A., Hermann, C., Jones, C., Martin, A., Shaw, M. A., Woggon, F., Ziegler, C., & Pfeiffer, M. (2016). Evaluation of an Interdisciplinary Curriculum Teaching Team-Based Palliative Care Integration in Oncology. Journal of Cancer Education, 31(2). https://doi.org/10.1007/s13187-015-0799-y
Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/490
Kustijono, S. D. N. (2019). Keefektifan model pembelajaran STEM guna peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Seminar Nasional Fisika (Snf) 2019, 66–71.
Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012
Ningsih, A. T., Ruhiat, Y., & Saefullah, A. (2020). EMOSETS : Pengembangan E - Modul Berbasis Science , Environ- ment , Technology , and Society ( SETS ) Materi Fluida Dinamis. 3(1), 341–347.
Reeves, P. M., & Sperling, R. A. (2015). A comparison of technologically mediated and face-to-face help-seeking sources. British Journal of Educational Psychology, 85(4). https://doi.org/10.1111/bjep.12088
Sari, L. Q., Rustana, C. E., & Raihanati, R. (2018). Pengembangan E-Module Menggunakan Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Sma Kelas Xi. Seminar Nasional Fisika, VII, SNF2018-PE-36-SNF2018-PE-45. https://doi.org/10.21009/03.snf2018.01.pe.06
Sari, W. P., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2020). The Influence of Android-Based Multimedia Modules on Static Fluid Material on Understanding The Physics Concepts of High School Students. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(4), 305–314. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i4.3530
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: insights and interpretations. OECD Publishing.
Statista.com. (n.d.). • Indonesia smartphone users | Statista. Retrieved June 25, 2021, from https://www.statista.com/statistics/266729/smartphone-users-in-indonesia/
Su, K., & Zhang, J. H. (2021). A Study the Creative Design Education In View of Convergence Design. 05083. https://doi.org/https://doi.org/10.1051/e3sconf/202123605083
Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah, L., Susanti, F., & Pricilia, A. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012008