PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN

Authors

  • Alvita Carolina IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Secara umum penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Santo Benediktus Pahauman, Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen karena sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Santo Benediktus Pahauman,hasil penelitian yakni dari post-test yang telah diberikan kepada siswa diperoleh hasil belajar siswa, kemudian dilakukan uji hipotesis (Ha) dengan menggunakan uji t (karena kedua data berdistribusi normal dan homogen) diperoleh ≥ , atau  yang jatuh pada daerah penolakan  yang berarti bahwa  diterima. Berdasarkan hipotesis, jadi kesimpulannya adalah model pembelajaran problem solving berbantuan media quizizz lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada materi himpunan di kelas VII SMP Santo Benediktus Pahauman.

 

Kata Kunci: Problem Solving, Media Quizizz, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama

Fadillah, S. A. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multiple Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran Pendekatan Open-Ended. Disertasi UPI Bandung: tidak diterbitkan

Hamzah. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14(1), 20-29.

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICom, 4(3), 92772.

Kumar, A., Kumar, S., & Nanda, A. (2018). A Review About Regulatory Status And Recent Patents Of Pharmaceutical Co-Crystals. Advanced pharmaceutical bulletin, 8(3), 355.

Sabaruddin, S. (2019).Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1), 25-37.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2021). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81-88.

Solviana, M. D. 2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1-14

Sudirman, A. M. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Indonesia.

Sugiyono, (2019).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin, M. (2012). Strategi Dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP press Group

Downloads

Published

2023-01-12