PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK

Authors

  • Alvira Pranata Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui serta mengembangkan instrumen kognitif dalam keterampilan menyimak di dalam pembelajaran bahasa arab bagi peserta didik. Selain itu juga untuk mengetahui langkah-langkah dalam mengembangkan instrumen. Subjek penelitian pengembangan instrumen 50 peserta didik di sekolah.  Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan penilaian dari guru. Instrumen pengembangan menggunakan analisis faktor dengan SPSS dengan random sampling peserta didik. Kemudian 20 butir instrumen dengan menggunakan skala likert yang telah divalidasi diujicobakan kepada 50 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 butir soal yang tidak valid, uji responden 1 tidak valid. KMO sebesar 0,947, communalities >0,5, total variance explained 3 faktor, scree plot landai mulai faktor 5, serta komponen matriks yang memiliki korelasi satu sama lain. Keterampilan menyimak merupakan kumpulan latihan-latihan yang berisi suara- suara percakapan dengan menggunakan Bahasa Arab yang diperdengarkan kepada para pengguna. Kemudian, pengguna diminta untuk memilih jawaban yang  sesuai dengan pertanyaan atau perintah yang diberikan melalui suara tersebut. Untuk keterampilan menyimak terdiri dari 40 soal yang berkaitan dengan kosakata, melengkapi kalimat, maupun hal lain terkait pemahaman teks wacana yang telah didengar, Di dalam pembelajaran bahasa arab dimulai dengan keterampilan mengajarkan kemahiran dalam menyimak, membaca dan menulis.

 

 Kata Kunci: Pengembangan, Keterampilan Menyimak, Bahasa arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainin, M. dkk.. (2006). Evaluasi dalam Pemebelajaran Bahasa Arab. Cet; I: Malang: Misykat.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Dewi, Y. (2016). Pengembangan Perangkat Tes Bahasa Arab berbasis Kompetensi untuk

Madrasah Aliyah. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.237.

Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.

Hidayat, Y. “Studi Prinsip Dasar Metode Pengajaran Bahasa Arab.†Accessed September 26,

}http://arabicforall.or.id/metode/studi-prinsip-dasar-metode-pengajaran-bahasa-arab.

Ismail, M. (2018). Pengembangan Materi Tes Keterampilan Menyimak Bahasa Arab

menggunakan Moodle untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa

Universitas Darussalam Gontor. At-Ta’dib, 13(2), 28–48

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (1986). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Downloads

Published

2023-01-13