ANALISIS PENERAPAN METODE MIND MAPPING MATERI PERKEMBANGAN PPKn DI INDONESIA PADA SD/MI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mind mapping materi perkembangan PPKn di Indonesia pada mata kuliah Konsep Dasar dan Materi PPKn di SD/MI. Analisis yang dilakukan mengenai penerapan metode mind mapping, kelebihan dan kesulitan dalam membuat mind mapping dan output mind mapping. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 di Prodi PGMI tahun akademik 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan kualitatif, adapun instrument angket, rubrik hasil mind mapping yang dirancang dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data penerapan metode mind mapping, kelebihan dan kesulitan dalam membuat mind mapping. Output mind mapping menggunakan instrument berupa rubrik penilaian, dokumentasi digunakan sebagai bukti penerapan mind mapping yang telah dilakukan. Hasil penelitian diperoleh kemudian dianalisis dari langkah-langkah metode mind mapping, kelebihan mind mapping, kesulitan mind mapping dan hasil mind mapping yang sudah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan mind mapping baik diterapkan pada materi perkembangan PPKn di Indonesia pada Mata Kuliah Konsep Dasar dan Materi PPKn SD/MI bahkan membuat mahasiswa mampu memahami materi dengan sangat baik.
Â
Kata Kunci: Metode mind mapping, Perkembangan PPKn di IndonesiaDownloads
References
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4 (2b), hal. 581-586 https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766.
Buzan, T. (2004). Memahami Peta Pikiran. Batam Centre: Interaksana.
Creswell. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Latifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaan. Jurnal Pendidikan, Vo. 21 (1), hal. 38-50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1
Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munandar, W. A. (2016). Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Retensi dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 3. Jurnal Basic Education, Vol 5 (18), hal. 1-8.
Musrofi, M. (2008). Melejitkan Potensi Otak. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah, Vol. 3 (1), hal. 1-23. http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v3i1.984.
Sujana. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), hal. 1-11.
Triana, R. dkk. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping di SDN 02 Wakul dan SDN Gerintuk. Jurnal Primary Education, Vol. 2 (1), hal. 1-8.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yonanda, D. A.. (2017). Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKn tentang Sistem Pemerintahan melalui Metode Mind Mapping Kelas IV MI. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3 (1), hal. 1-11. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.410