MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PERMAINAN BAHAN ALAM DI TK MEKAR GEMILANG KUBU RAYA

Authors

  • Siska Perdina Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui permainan bahan alam yang dapat meningkatkan kemampuan Kerjasama anak di Taman Kanak-Kanak Mekar Gemilang Kubu Raya. Subjek penelitian terdiri dari 12 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Kerjasama melalui permainan bahan alam. Pada siklus I anak yang sudah berkembang masih 20-35%. Pada siklus II anak yang sudah berkembang rata-rata 50-60%. Sedangkan pada siklus III anak yang sudah berkembang mencapai 70-90% pada masing-masing aspek perkembangannya.

 

Kata Kunci: Kemampuan kerjasama, Permainan Bahan Alam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi Trismahwati, N. I. S. (2020). Identifikasi Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. AZZAHRA. Vol. I No.2, Th. 2020, vol.1, 2–20. https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/azzahra/article/view/204

Fadlillah, M. dan Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ar - Ruzz Media.

Nisa, F. K. dan Masnipal, A. M. T. (2019). Pemanfaatan Bahan Bekas dan Bahan Alam Sebagai Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 5 no 2, 19–24. https://doi.org/ISSN: 2460-6421

Harti, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 4-5 Tahun melalui Bermain Balok di TK 21 Sukaraja Jerowaru Lombok Timur 2019/2020.

Khaironi, M. (2020). Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 04 No, 261–266. https://doi.org/E-ISSN : 2549-7367

Lilik Rahmawati, Y. A. R. (2022). Strategi Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Edukatif Berbahan Alam di RA Miftahul Falah. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipiner, 1 no 1 Agu(ISSN. 2962-9187), 35–43. http://journal.amorfati.id/index.php/jipsi

Musfiroh, Tadkiratun, Tarminingsih, S. (2019). Bermain dan permainan Anak. Universitas Terbuka.

Musfiroh, T., & Tatminingsih, S. (2019). Bermain dan Permainan Anak (11th ed.). Universitas Terbuka, PT Gramedia.

Qory Jumrotul Aqobah, Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142.

Saputra & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. DepDiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.

Suyanto. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Anak UNY, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

Downloads

Published

2023-01-13