SURVEI MEDIA PEMBELAJARAN GURU PASCA PANDEMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 NGABANG

Authors

  • Al Ashadi Alimin IKIP PGRI Pontianak
  • Hariyadi Hariyadi IKIP PGRI Pontianak
  • Leminastikasari Leminastikasari IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan  persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang; (2) Mendeskripsikan rata-rata motivasi belajar pasca pandemi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang; (3) Mendeskripsikan hubungan yang signifikan penggunaan media pembelajaran guru bahasa Indonesia dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang diperoleh persentase sebesar 73,81% kategori “baikâ€, (2) Rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang sebesar 73,23% kategori “baik", (3) Terdapat hubungan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang dengan taraf siginifikasi >0,05 dan diperoleh rhitung sebesar 0,577 dengan  sig (0,307 >0,05) maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan pada sig 0,000<0,05 maka Hipotesis Nol (Ho) ditolak.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hubungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Metodelogi penelitian kuantitatif. sleman yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan paraktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pres

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 5(2), 172-181.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan minat belajar siswa kelas

Jasmiati. (2018). pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar murid kelas iv SD Inpres Mallaengkeri 1 kecamatan tamalate kota Makassar" Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kompri . (2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran. Sumatera Utara: UIN Sumatera Utara

Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabeta.

Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dengan Motivasi belajar siswa. Cogito Smart Journal, 6(2), 73-82.

Uno, H. (2019) Teori Motivasi dan pengukurannya. PT Bumi Aksara: Jakarta

Zuldafiar dan Lahir, M. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2023-01-13