EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA SITUASI PANDEMI COVID-19 OLEH GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 01 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Agus Suwarno IKIP PGRI Pontianak
  • Norsidi Norsidi IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 sangat mengganggu aktivitas belajar dan mengajar di sekolah. Pemerintah menghimbau guru-guru disekolah untuk melakukan pembelajaran di rumah saja. Para orang tua, guru dan siswa mau tidak mau harus mulai beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19 ini. Kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran non tatap muka atau dikenal dengan pembelajaran daring. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) efektivitas pembelajaran daring oleh guru mata pelajaran geografi selama Covid-19 pada SMA Negeri 01 Sungai Kakap; (2) apa kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring oleh guru mata pelajaran geografi selama situasi Covid-19 di SMA Negeri 01 Sungai Kakap. Metode dalam peneliti ini adalah metode kuantitatif. penelitian ini menggunakan sampel serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi tingkat sekolah menengah atas dan siswa di SMA Negeri 01 Sungai Kakap. Analisis data dengan perhitungan persentase hasil kuesioner.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

ErniˌMˌ&Wildan NurilˌA.F. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemin Covid‒19 Di Sdit Luqman Al‒Hakim Sleman. Jurnal kajian dan penelitian pendidikan islam.Vol.14.No.2.

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dan Panduan Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Pohan, A. E . (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekata ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.

Sadikin, A , & Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

SE Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Diseases (Covid-19).

SE Sekjen Nomor 15 tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan BDR Selama Darurat Covid-19.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-01-13