ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Authors

  • Mariyeh Mariyeh IAIN Pontianak
  • Irnawati Irnawati IAIN Pontianak
  • Asrofiansyah Asrofiansyah IAIN Pontianak
  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa jenjang SMP dalam menyelesaikan soal aljabar dalam bentuk penjumlahan dan pengurangan serta juga menganalisis tentang faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik metode tes, dan metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis, dan mengembangkan fakta-fakta atau kenyataan yang dapat dikembangkan dari hasil penelitian tersebut. Objek penelitian ini merupakan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami peserta didik saat mengerjakan soal berbentuk cerita dalam bentuk aljabar. Teknik penelitian ini menggunakan intrumen tes uraian pada materi aljabar. Dari hasil penelitian dapat peneliti siimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar perjumlahan dan pengurangan dikarenakan kurangnya pemahaman pada siswa mengenai konsep materi aljabar dan kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan soal aljabar.

 

Kata Kunci: Kesalahan siswa, menyelesaikan soal, aljabar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, C. C., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257

Cahyani, C. A dan Sutriyono. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, Vol (2), 26-30.

Chesney, D. L., & McNeil, N. M. (2014). Activation of operational thinking during arithmetic practice hinders learning and transfer. The Journal of Problem Solving, 7(1), 24-35.

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.

Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 355–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.355-364

Jupri, A., Drijvers, P., & van den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Difficulties in initial algebra learning in Indonesia. Mathematics Education Research Journal, 26(4), 683-710.

Nasir, N. M., Hashim, Y., Ahmad Zabidi, S. F., & Jusoh, R. (2013). Preliminary study of student performance on algebraic concepts and differentiation. World Applied Sciences Journal, 21(Special Issue of Applied Math), 162-167.

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981

Setiadi, H., Mahdiansyah, R., R, Fahmi, & Erika. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sugiarti, L. Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia : Universitas Negeri Yogyakarta.

Widodo, S. A., Prahmana, R. C. I., & Purnami, A. S. (2017). Teaching materials of algebraic equation. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 012017.

Downloads

Published

2023-01-13