SOSIALISASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK

Authors

  • Ashadi Cahyadi IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Suhairi IKIP PGRI Pontianak
  • Stephani Yane IKIP PGRI Pontianak
  • Zusyah Porja Daryanto IKIP PGRI Pontianak
  • Suriani Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Ade Rahmat IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk, mengenalkan kembali permainan tradisional kepada masyarakat Teluk Pakedai untuk meningkatkan pemahaman Mitra tentang dampak psikologis yang ditimbulkan dari permainan tradisional; dan meningkatkan pengetahuan Mitra tentang jenis-jenis permainan tradisional untuk perkembangan kreativitas dan pengaruh kecerdasan anak. Metode yang akan di gunakan demi tercapainya tujuan kegiatan ini adalah dengan cara memberikan edukasi permainan tradisional berupa sosialisasi permainan tradisional melakukan praktik langsung bermain permainan tradisional untuk anak dan orang tua yang ada di Desa Teluk Pakedai. kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan kembali minat serta rasa cinta anak-anak dan remaja Teluk Pakedai terhadap warisan budaya bangsa yaitu permainan tradisional, selain itu orang tua memahami manfaat permainan tradisional untuk kreativitas, kecerdasan anak. saran yang diberikan dengan adanya kegiatan ini diharapkan orang tua lebih menekankan permainan tradisional karna akan mengembangkan kreativitas dan kecerdasan pada anak. Pemerintah Daerah dalam hal ini dinas kabupaten dapat mengadakan pelatihan secara berkala baik di sekolah maupun di desa.

 

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Kereativitas anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T. (2011). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Peranannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenadamedia Group.

Maslow, A. H. (1968). Toward a psychology of being. 2nd ed. (D. Van Nostrand. (ed.)).

Nawawi, H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. (Keempat). Penerbit Gadjah Mada University Press.

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., ... & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46-55.

Sugiyono. (2010). Motode Penelitian Bisnis, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (Alfabeta).

Suhairi, M., Dulih, W., Lauh, A., Hardika, N., Yane, S., Effendi, A. R., Sari, S., & Wardani, R. (2020). Sosialisasi Penanganan Keselamatan di Air Untuk Lifeguard Pada Objek Wisata Air Kota Pontianak. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 156–164.

Sukadiyanto. (2004). Peranan Latihan Olahraga Terhadap Perkembangan Otak. XXIII(1).

Sukintaka. (1992). Teori Bermain. Depdikbud.

Sukirman. (2004). Permainan Tradisional Jawa. Kepel Press.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-13

Most read articles by the same author(s)