EKOLITERASI : ANALISIS PEMBELAJARAN BERBANTUAN BAHAN AJAR BIOENTERPRENEURSHIP BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran dan penggunaan penggunaan bahan ajar bioenterpreneurship berbasis creative problem solving dalam meningkatkan kemampuan ekoliterasi mahasiswa calon guru biologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian yaitu 25 orang mahasiswa program studi pendidikan biologi yang mengikuti perkuliahan bioenterpreneurship. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket / questioner, lembar wawancara dan lembar observasi pengamatan dalam pembelajaran di kelas. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pembelajaran menggunakan bahan ajar bioenterpreneurship berbasis creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan ekoliterasi mahasiswa calon guru biologi sebesar 89,53 %.
Â
Kata Kunci: Creative Problem Solving, Bahan Ajar Bioenterpreneurship, EkoliterasiDownloads
References
Aqil, D. I., Hudaya, A., & Arifin, Z. (2019). Penerapan Pembelajaran Bioentrepreneurship untuk Meningkatkan Life Skills dan Minat Wirausaha Siswa SMK. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 95–102. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3479
Arico, Z., & Jayanthi, S. (2018). Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kreatif Sebagai Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i1.1-6
Budiono, J. D. (2014). Pengembangan LKS Bioentrepreneurship Pembuatan Nata De Lerri Materi Biotekologi Konvensional Kelas XII SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), 416–424.
Cahyadiana, W. (2020). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skilal Terhadap Self Efficacy Mahasiswa. PSIKOVIDYA, 24(1), 1–7.
Khotimah, K., Ar, E., Muspiroh, N., Tadris, J., Biologi, I., Bypass, J. P., & Cirebon, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Bioentrepreneurship Pada Sub Konsep Pisces Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Plumbon. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(1), 39–47. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia
Malahayati, E. N. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Blitar. Konstruktivisme, 9(2), 147–158. http://konstruktivisme.unisbablitar.ejournal.web.id
Muliadi, A. (2020). Microbiology Learning Based on Bioentrepreneurship: Prospective Teacher’s Perception. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 352–357. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1527
Prihatiningrum, P., Mulyani, S., Susilowati, E., Priyono, A., & Prasetyo, B. (2020). Journal of Innovative Science Education Effect of Bioentrepreneurship on Biology Learning Achievement , Creativity , and Entrepreneurial Interest. 9(3), 250–259.
Sagita, I., Medriari, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Creative Problem Solving Model untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Kumparan Fisika, 1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/download/6472/3070
Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318
Setyaningrum, T. W., & Gunansyah, G. (2020). Praktik Pembelajaran Ekoliterasi Berorientasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah Dasar Negeri Kota Surabaya Bagian Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 375–384. https://bit.ly/35jit2J
Trisianawati, E., Dafrita, I. E., Sari, M., Sulistyani, H., Herditya, H., & Nawawi, N. (2022). Pelatihan Eco Printing bagi Masyarakat Desa Sungai Pandan Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 399–406. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/5016
Wardhani, I. Y., Amanda, S. M., & Kusuma, A. R. (2020). Bioentrepreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Alternatif Bisnis Di Masa Pandemi. Journal Of Biology Education, 3(2), 99. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8475