AKSELERASI LEARNING RECOVERY MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dewi Nilam Tyas Universitas Negeri Semarang
  • Farid Ahmadi Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sukasih Universitas Negeri Semarang
  • Desi Wulandari Universitas Negeri Semarang
  • Eem Munawaroh Universitas Negeri Semarang

Keywords:

e-learning, learning recovery, sekolah dasar

Abstract

Learning loss pada sekolah dasar sebagai akibat pandemic covid-19 memberikan dampak yang berkelanjutan terhadap penguasaan kompetensi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka learning  recovery menjadi hal penting untuk dilaksanakan. Guru-guru sekolah dasar pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Kemuning, Kota Semarang mengalami kendala berkaitan dengan learning recovery yaitu kurangnya pemahaman dan keterampilan mengembangkan e-learning berbasis moodle yang dapat dimanfaatkan untuk akselerasi learning recovery pasca pandemic. Berkaitan dengan hal tersebut, maka workshop penyusunan e-learning berbasis moodle untuk  meningkatkan kualitas pendidikan di era society 5.0 melalui pemanfaatan teknologi penting untuk dilakukan. Sasaran kegiatan ini meliputi 56 guru di Gugus Kemuning. Kegiatan dilaksanakan mencakup: diskusi rencana pelaksanaan kegiatan, pemaparan materi, pendampingan pengembangan e-learning berbasis moodle, presentasi hasil, pengisian kuesioner terkait pelaksanaan kegiatan. Simpulan dari workshop yang telah dilakukan adalah terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam penyusunan e-learning berbasis moodle yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sebagai upaya akselerasi learning recovery.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan Di Era Disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570–1580.

Astutia, Waluyab, Asikin. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Proseding Universitas Semarang. ISSN (2686-6404).

Cecep, A. H. F. S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah, Efisiensi Kognitif dan Self-Determination Matematis Mahasiswa melalui Metode Pembelajaran WorkedExample dengan Self Explanation Prompting Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Desy, F., Hendrayana, A., & Anwar, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Gnomio dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 432–441.

Ekayana, A. A. G., Muku, I. D. M. K., & Hartawan, I. N. B. (2021). Implementasi model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah sensor tranduser dalam pembelajaran daring. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 106–119. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.636

Gunawan, R. G., Siahaan, B. Z., & Astra, I. M. (2017). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Web dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Belajar Mandiri Mahasiswa . Prosiding Seminar Nasional Fisika (EJournal) SNF2017, VI, 1-8. doi:doi.org/10.21009/03.SNF2017.01.RND.07

Hariyadi, S., Isrofin, B., Kurniawati, S., Semarang, U. N., Sekaran, K., Kota, G., & Tengah, J. (2022). Game Based learning dalam Aplikasi Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. 7(1), 22–34.

Huwaidi, F., Bayu, A., Nandiyanto, D., & Muhammad, N. (2021). The urgency of online learning media during the COVID-19 pandemic at the vocational school in Indonesia. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 1(2), 35–40.

Lasmawan, I. W. (2019). Era Disrupsi Dan Implikasinya Bagi Reposisi Makna Dan Praktek Pendidikan (Kaji Petik Dalam Perspektif Elektik Sosial Analisis). Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 54–65. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v1i1.13

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendirikan Agama Islam, 2(2), 94-100

Loonam, J., Eaves, S., Kumar, V., & Parry, G. (2018). Towards digital transformation: Lessons learned from traditional organizations. Strategic Change, 27(2), 101–109. https://doi.org/10.1002/jsc.2185

Mas’udi, Wawan., Poppy Winanti. (2020). Tata Kelola Penanganan Covid-19 Di Indonesia: Kajian Awal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Jalal, N. M. (2022). Implementasi Merdeka Belajar d Era 5.0. Cirebon: Yayasan Woyata Bastari Samasta

Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(1), 53–57.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Rahmatika, Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The effectiveness of youtube as an online learning media. Journal of Education Technology, 5(1), 152–158. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628

Rahmawan, A. Z., & EFFENDI, Z. (2022). Implementasi Society 5.0 Dalam Kebijakan Dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i1.861

Royyana, A. (2018). Strategi Transformasi Digital Pada PT. Kimia Farma (Persero) TBK. In Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal of Information Systems for Public Health (Vol. 3, Issue 3).

Sidqi, M. F., & Fajar, D. A. (2022). Evaluasi kesiapsiagaan sekolah menengah atas di kabupaten pekalongan dalam penyediaan mutu dan inklusivitas pembelajaran pasca pandemic. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 42–49. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.111

Vial, G. (2021). Understanding digital transformation: A review and a research agenda. Managing Digital Transformation: Understanding the Strategic Process, 28(2), 13–66.

Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The new way improve learners' speaking skills : picture and picture learning media based on articulate storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i1.41452

Yulianti, Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 231-242.

Downloads

Published

2024-01-13