PENGENALAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI APRESIASI FILM

Authors

  • Tutik Ratna Ningtyas Universitas Pamulang
  • Ruisah Ruisah Universitas Pamulang
  • Amirudin Amirudin Universitas Pamulang

Keywords:

apresiasi film, karakter peserta didik, pendidikan karakter

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang di salah satu Madrasah Aliyah di Pamulang dengan mengusung tema “Pengenalan Karakter Peserta Didik melalui Apresiasi Film” Pengenalan Karakter Peserta Didik dipilih karena usia peserta didik MA adalah usia remaja yang menginjak dewasa. Apresiasi film dipilih sebagai media karena cukup menarik dan cukup dekat dengan anak-anak muda sehingga lebih mudah untuk menjangkau ketertarikan siswa terhadap pengenalan karakter. Pemilihan tema ini juga dipilih untuk membantu siswa mengenali karakter mereka sehingga mereka lebih memahami dan menjaga diri mereka sendiri. Siswa yang dilibatkan sebagai peserta pada PKM ini adalah siswa kelas X. Studi kasus dengan menyajikan data secara kualitatif menjadi metode yang dipilih untuk agar dapat menampilkan data dengan lebih komprehensif. Hasil dari studi kasus menunjukan bahwa apresiasi film dapat menjadi media untuk membantu siswa untuk mengenali karakter mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin., Ningtyasm T.R., Ruisah. (2023). Apresiasi puisi sebagai upaya pencegahan cyberbullying. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madai. 3(2). 129-134.

Ibrahim, H. (2000). Media pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Meriyati. (2015). Memahami Karakter Peserta Didik. Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan.

Ningtyas, T.R., Amirudin., Ruisah. (2021). Meningkatkan kemampuam menulis dalam Bahasa Inggris melalui cerita bergambar. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 13 (4). 762-766.

Rahayu, I. A. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto. Published Thesis. IAIN Purwokerto. Retrieved from: https://repositori.unimma.ac.id/1218/

Ramadhanti, M., dkk. (2019). Pembentukan karakter dalam pembelajaran BCCT (Beyond Center and Time). Jurnal Educate, 4 (1).

Rahmayanti, R.D., Yarno., Hermoyo, R.P. (2021). Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi Garis Sepuluh. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. 7(1). 157-172.

Sulistyowati, R. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan relevansinya bagi anak usia MI. Skripsi. Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Sumarno, M. (2017). Apesiasi film. Jakarta: Pusat Pengembangan Perfilman.

Sutarna, N. (2018). Pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar dalam perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Diniyah.

Sutarti, T. (2018). Pendidikan karakter untuk usia remaja. Yogyakarta: Aksara Media Pratama.

Warsono. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan.

Downloads

Published

2024-01-13