PEMBUATAN LILIN AROMATHERAPY DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH MINYAK JELANTAH

Authors

  • Hendri Hestiawan Universitas Bengkulu
  • Nurul Iman Supardi Universitas Bengkulu
  • A. Sofwan F Alqap Universitas Bengkulu

Keywords:

lilin aromatherapy, limbah minyak jelantah, Kelurahan Sawah Lebar Baru

Abstract

Limbah minyak jelantah belum dimanfaatkan secara luasĀ  dan umumnya dibuang begitu saja. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menawarkan pengolahan minyak jelantah untuk dijadikan sebagai lilin aromatherapy. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan lilin aromatherapy dengan memanfaatkan limbah minyak jelantah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Balai RT 19 Kelurahan Sawah Lebar Baru Kota Bengkulu. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan, antara lain observasi, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen yang dibantu oleh tim mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan dan membuka wawasan para peserta dalam mengatasi permasalahan limbah minyak jelantah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tahapan evaluasi kegiatan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test untuk mengetahui pemahaman peserta tentang pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan baku lilin aromatherapy menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman para peserta tentang materi yang diberikan dari 45% menjadi 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahda, A. Z., Aziza, E. N., Hidayatullah, M., Hairina, Y., & Mulyani. (2022). Psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman tentang bullying pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 61-70.

Bella, A., (2020). Waspadai bahaya zat karsinogenik bagi kesehatan, Retrieved from https://www.alodokter.com

Gina, F. V., (2022). Jangan langsung dibuang, ini 5 manfaat minyak jelantah untuk keperluan sehari-hari, Retrieved from https://bobo.grid.id

Kementerian ESDM RI. (2020). Minyak jelantah: sebuah potensi bisnis energi yang menjanjikan, Retrieved from https://ebtke.esdm.go.id.

Marhan, C., Yunita, A., Pambudhi, Y. A., Sunarjo, I. S., Qalbi, L. S., & Abas, M. (2022). Program psikoedukasi dalam meningkatkan pengetahuan pencegahan bullying bagi remaja. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 196-202.

Pitriyana, S., Rahum, A., Habibi, F., Arista, S., Endianah, T., Tutriani, N., Prisila, L., Angellina, V., Nurlena., Putriani I., Witri. (2022). Pemberdayaan masyarakat melalui produk inovatif pengelolaan keripik berbahan baku sayur pakcoy di Desa Pangek. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 1616-1623

Ramani, A., 2022. Cara membuat lilin aromatherapy dari minyak jelantah. Retrieved from https://www.anggitaramani.com

Setiawan, R. (2023). 6 Manfaat minyak jelantah, dapat diolah jadi lebih berguna!. Retrieved from https://www.orami.co.id

Suhartina, S. (2018). Studi kualitas fisis minyak jelantah dan efek bagi kesehatan tubuh di Kecamatan Bontonompo. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar Samata-Gowa.

Utami, GAPJP & Tjandrawibawa, P. (2020). Peran aroma terapi melalui media lilin sebagai sarana untuk mengurangi stres pada generasi milenial. Seminar Nasional Envisi, Industri Kreatif, 188-195.

Downloads

Published

2024-01-13