INOVASI TEKNOLOGI UNTUK KESEJAHTERAAN MANUSIA: IMPLEMENTASI SOCIETY 5.0 DALAM RISET BERBASIS KEILMUAN
Keywords:
teknologi digital, AI (Artificial Intelligence), era society 5.0Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan literasi terhadap inovasi teknologi yang dapat mensejahterakan manusia pada era Society 5.0 serta pengaruhnya dalam memudahkan pekerjaan manusia berbasis ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Library Research menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian kepustakaan, sumber data berasal dari buku, artikel, jurnal yang selaras dengan tema penelitian. Adapun hasil penelitian yang didapat bahwa inovasi teknologi yang saat ini dapat digunakan untuk kesejahteraan manusia pada era Society 5.0 adalah teknologi digital, dan teknologi digital yang amat memudahkan manusia dalam bidang keilmuan saat ini adalah AI (Artificiall Intelligence), merupakan sebuah program yang diciptakan dapat menjalankan pekerjaan dimana hal tersebut biasa dilakukan manusia, dan teknologi ini mempu melakukan itu dengan baik. Dan setelah dilakukannya pengamatan, AI (Artificiall Intelligence) memberikan pengaruh sangat besar baik dalam kesejahteraan manusia, maupun dalam bidang ilmu pengetahuan. Akan tetapi, teknologi digital ini diprediksi dapat memusnahkan peran yang dimiliki manusia, apabila digunakan secara berlebihan.
Downloads
References
Agustina, dkk. (2021). Analisis Kesalahan Makna Pada Terjemahan (Arab-Indonesia) Santriwati Kelas Iii Reguler a Tmi Al-Amien Prenduan Sumenep. Al-Ibrah, 6(1), 1–5.
Azzahrah, dkk. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5.0. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 118–128.
Dariyadi, (2019). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 448–462.
Hasan, (2022). Penerapan Kecerdasan Buatan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0. Tarling : Journal of Language Education, 7(1), 69–80. https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.8501
Kirana, dkk. (2023). Anak Indonesia Pencipta AI untuk Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 34–37. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/833
Mustofa, (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.
Tjahyanti, dkk. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Luh. Metzler Lexikon Christlicher Denker, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.1007/978-3-476-05273-5_1
Wiranto, (2022). Artificial Intelligence And Trustworthy Principles In Global Islamic Education. U s h u l u d d i n I n t e rn a t i o n a l C o n f e r e n c e 6, 64–87. https://doi.org/10.4324/9780429038075-2