ANALISIS FISIKA KUALITAS LILIN BATIK YANG SUDAH DIGUNAKAN BERULANG

Authors

  • Neng Nenden Mulyaningsih Universitas Indraprasta PGRI
  • Indica Yona Okyranida Universitas Indraprasta PGRI
  • Qisthi Maghfiroh Universitas Indraprasta PGRI
  • Fita Widiyatun Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

lilin batik, densitas, viskositas, morfologi, gugus fungsi

Abstract

Lilin batik merupakan zat padat yang diproduksi secara alami dan dapat diubah menjadi cairan kental dan digunakan untuk membatik. Lilin batik biasanya digunakan berulang kali dalam membatik, sehingga penting untuk menganalisis sifat fisik lilin tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui kualitas lilin yang akan berdampak pada kualitas batik yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah menganalisis parameter massa jenis, viskositas, morfologi, dan gugus fungsi lilin batik yang baru dan yang telah digunakan 1 hingga 3 kali untuk membatik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan densitas pada lilin yang telah digunakan berulang kali, dan hasil tersebut berbanding terbalik dengan nilai viskositas, nilai viskositas mengalami penurunan pada lilin yang telah digunakan berulang kali. Lilin batik yang sudah dipakai berulang kali 1, 2 dan 3 tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, namun nilainya berbeda nyata dibandingkan dengan lilin baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A., & Gunawan, G. (2022). Proses Entrepreneurial dalam Upaya Revitalisasi Budaya dan Industri di Kampung Batik Semarang: Suatu Studi Kasus untuk Pendidikan Entrepreneurship di STPKat Santo Fransiskus Asisi Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 2(2), 164-177.

Haerudin, A., & Atika, V. (2018). Komposisi lilin batik (malam) biron untuk batik warna alam pada kain katun dan sutera. Dinamika Kerajinan dan Batik, 35(1), 25-32.

Hayati, H., Santoso, R., & Rusgiyono, A. (2014). Analisis Grafik Pengendali Nonparametrik Dengan Estimasi Fungsi Densitas Kernel Pada Kasus Waktu Pelorotan Batik Tulis. Jurnal Gaussian, 3(1), 81-90.

Larasati, F. U., Aini, N., & Irianti, A. H. S. (2021). Proses Pembuatan Batik Tulis Remekan Di Kecamatan Ngantang. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Listianingrum, W., & Hendrawan, A. (2020). Eksplorasi Perintang Tekstil Dengan Inspirasi Visual Batik Remekan Pada Produk Fashion. Corak: Jurnal Seni Kriya, 9(2), 191-199.

Malik, A., Retno, R., & Ayu, A. (2016). Pengaruh komposisi malam tawon pada pembuatan batik klowong terhadap kualitas hasil pembatikan. Teknoin, 22(6).

Mandegani, G. B., Setiawan, J., Haerudin, A., & Atika, V. (2018). Persepsi Kualitas Batik Tulis. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 35(2), 75-84.

Missau, J., da Rocha, J. D. G., Dotto, G. L., Bertuol, D. A., Ceron, L. P., & Tanabe, E. H. (2018). Purification of crude wax using a filter medium modified with a nanofiber coating. Chemical Engineering Research and Design, 136, 734-743.

Mogdaham, H., M. Samimi., A. Samimi., M. Khorram. (2009). Study of Parameters Affecting Size Distribution of Beads Produced from Electro-Spray of High Viscous Liquids. Iranian Journal of Chemical Engineering, 6(3), 88-98.

Noerhasmalina, N., & Khasanah, B. A. (2023). The geometric contents and the values of local batik in Indonesia. Jurnal Elemen, 9(1), 211-226.

Pancapalaga, W. (2022). Teknik Mordan Dalam Pewarnaan Kulit EcoPrint.

Silverstein, R.M., Webster, F.X., Kiemle, D.J. (2006). Identificação Espectrométrica de Compostos Orgânicos, 7a Ed. ed. LTC Editora.

Sulistiani, Widiyatun F, Okyranida IY, Mulyaningsih NN. (2022). Analisisi Konsep Fluida Pada Canting Cecek Siji. Jurnal Schrodinger, 3(2):167–71.

Susanti, E., Sanjaya, E. H., Wulandari, R., Artasasta, M. A., Nafasari, Z., Pahlevi, M. R., & Yuliana, S. (2022). Pengaruh Sosialisasi Bahaya dan Cara Pengelolaan Limbah Batik Terhadap Tingkat Pemahaman Pembatik Desa Sumberejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains, 1(2), 65-71.

Downloads

Published

2024-01-13