AN EXPLORATION OF ENGLISH LANGUAGE LEARNING USING E-LEARNING AT SENIOR HIGH SCHOOL IN KUBU RAYA REGENCY
Keywords:
English Language Learning, E-learning, Case Study, Students PerceptionAbstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena pemanfaatan e-learning dalam proses belajar mengajar siswa di sekolah. Dari fenomena yang terjadi, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi bagaimana pembelajaran bahasa Inggris menggunakan e-learning di SMKN 1 Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan menggunakan dua metode, yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis tematik untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-learning di sekolah telah terlaksana dengan baik menggunakan platform Google Classroom dan WhatsApp Group. Persepsi siswa terhadap e-learning sangat positif, dengan kelebihan berupa pembelajaran yang menyenangkan dan kekurangan berupa sinyal yang buruk. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang mendalam tentang implementasi e-learning dan tantangan implementasi e-learning dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah, serta memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan praktik pembelajaran berbasis teknologi di Kabupaten Kubu Raya..
Kata Kunci: English Language Learning, E-learning, Case Study, Students Perception.
Downloads
References
Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students' Perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology
Borg, R.W. & Gall, M.D. (2007). Educational Research and Introduction The Eight Edition. Sydney: Pearson Education, Inc Bungin,
Burhan (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press.
Creswell, John W. (2013), Qualitative Inquiry and Research Design Choosing among Five Approaches. Third Edition. United States of America: SAGE Publications Ltd.
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems Freire, P. (2014). Pedagogy of the Oppressed. Continuum International Publishing Group. Herwinsyah, et al. (2023). E-Learning. Getpress Indonesia 2023
Marzano, R. J. (2017). The New Art and Science of Teaching. Solution Tree Press Nambiar, D. (2020). The Impact of Online Learning during COVID-19: Students' and Teachers' Perspective. The International Journal of Indian Psychology.
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic Analysis: Striving to Meet the Trustworthiness Criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1609406917733847.
Oblinger, D. G. (2018). Meeting the Needs of 21st-Century Learners: Lifelong Learning and Adaptability. EDUCAUSE Review.
Rukmana, S. A, Anita, F, & Hafis, M. 2023) Design English Learning Material Through Video for Housekeeping. JELTE: Journal of English Language Teaching and Education. Vol. 4 No. 2 (2023)
Salkind, N. J. (2017). Statistics for People Who (Think They) Hate Statistics (7th ed.). SAGE Publications.
Santoso, B. (2023). Utilization of E-Learning Platforms in Modern Education: An Overview. Journal of Educational Technology.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.