EVALUASI PEMBELAJARAN GO BUYA DI SD 06 MERAU PERBATASAN ENTIKONG KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Alvira Pranata IAIN Pontianak
  • Tri Syamsijulianto IAIN Pontianak

Keywords:

Implementasi, Evaluasi pembelajaran

Abstract

Peran literasi budaya dalam pendidikan sangat penting karena melindungi dan memajukan warisan budaya lokal dan nasional serta membentuk identitas bangsa Indonesia di masyarakat. SD 06 Merau terletak di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia dan didirikan untuk melestarikan cinta dan kekayaan budaya. Tujuannya adalah untuk menerapkan evaluasi media pembelajaran Go Buya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan wawasan pengembangan literasi budaya bagi peserta didik. Tujuan lain adalah untuk melihat bagaimana pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan game interaktif dan edukatif yang mengikuti perkembangan peserta didik dan memungkinkan untuk mengukur hasilnya. Strategi yang digunakan dalam kegiatan pengabidan riset ini yaitu dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian ini melibatkan (1) melakukan wawancara dengan guru dan siswa di SD 06 Merau tentang media pembelajaran Go Buya; (2) melakukan persiapan materi dan instrumen evaluasi untuk media pembelajaran Go Buya; dan (3) melakukan pendampingan kegiatan yang dilakukan dari tahap pengamatan, proses pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Februari.

Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community, 4(2), 34–43. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592

Fadilla, H., Ramadhan, A. H., Purnama, A., Bayani, N., Agil, S., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran terhadap Kualitas Peserta didik. Jurnal Pendidikan, 2(1). https://ummaspul.ejournal.id/Sublim

Gholami, H., Lee, J. K. Y., & Ali, A. (2023). Big Data Analytics for Sustainable Products: A State-ofthe-Art Review and Analysis. Sustainability (Switzerland), 15(17). https://doi.org/10.3390/su151712758

Halloran, R. O., Deale, C., Halloran, R. O., Ph, D., Deale, C., & Ph, D. (2017). Designing a Game Based on Monopoly as a Learning Tool for Lodging Development Designing a Game Based on Monopoly as a Learning Tool for Lodging Development. 3758(October). https://doi.org/10.1080/10963758.2010.10696983

Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. MASALIQ, 3(5), 810–823. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379

Munandar, A., Nurholizah, S., Tria Artika, D., Mahroja, S., Nurholizah, R., Anggraini, M., Septia Nur Rahmawati, I., Agnes Monika, S., Najwa, H., Fikri Adetya, A., Wiansyah, A., & Gustianda, A. (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El_Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi NilaiNilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191 Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Syamsijulianto, T. (2020a). Media Pembelajaran Mobuya Untuk Pembelajaran Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 10. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.23971

Syamsijulianto, T. (2020b). Penerapan Media Pembelajaran Mobuya pada Indahnya Keragaman Budaya Bangsaku di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 209. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.449 Syamsijulianto, T. E. Al. ,. (2021). Pelajar Pancasila dan Karakter Pelajar (I Agustus 2021).Duta Media Yogyakarta.

Syamsijulianto, T., Hidayat, A., & Zainudin, M. (2021). Pengenalan Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Melalui Media Pembelajaran Mobuya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14148

Syamsijulianto, T., Rahman, R., Sari, M. Z., Ratumanan, S. D., & Solehun, S. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4848

Yadnyawati, I. A. G. (2019). Evaluasi Pembelajaran (I. K. Suda, Ed.; Pertama). Unhi Press

Downloads

Published

2024-12-27