IMPLEMENTASI ALAT UKUR KEMAGNETAN BERBASIS MICROCONTROLLER ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAINTIFIK
Keywords:
implementasi, mikrokontroller arduino, alat ukur magnetAbstract
Teknologi yang ditawarkan dalam peneltian adalah mikro kontroler yang di padukan dengan kebutuhan alat ukur kenagnetan di laboratorium pendidikan fisika UPGRI pntianak. Penelitian ini menjadi penting mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat. Penguatan pelaksanaan pendekatan saintifik melalui metode ilmiah yaitu hasil eksperimental dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ardiunouno. Desain free eksperimen digunakan dalam penelitian ini untuk mengekstrak informasi dari subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Fisika UPGRI Pontianak. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika UPGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen penelitian berupa pertanyaan pretest-posttest dan angket respon serta wawancara. Diperoleh rata-rata respon seluruh aspek sebesar 79% dengan kriteria tinggi. Keefektifan pembelajaran diperoleh berdasarkan rata-rata gain ternormalisasi <g> sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari angket respon setelah diberikan perlakuan sebesar 81%, kategori sangat tinggi. Hasil wawancara menunjukkan adanya konsistensi peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran listrik magnet.
Downloads
References
Arikunto,S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka. Cipta.
Baharuddin. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Diktat Memasang Instalasi Penerangan Listrik, Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 219- 227.
Boisandi, anita. 2017. Pengembangan Modul Eksperimen Fisika Material Solar Cell Berbasis TPACK. Jurnal Edukasi Vol. 15, No. 1. Juni 2017. Halaman 1-10. Penerbit : UPGRI Pontianak.
Hussien, 2013. “Promoting Scientific Literacy by Using ICT in Science Teaching,” International Education Studies; Vol. 6, No. 9.
Holbrook J. & Rannikmae M., 2017. “The Meaning of Scientific Literacy.,” International Journal of Environmental & Science Education Vol. 4, No. 3, 275-288.
Jumiati, S. M.,& Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Head Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar.Lecture,161-185
Matsun & Boisandi, 2024. Magnetic Measuring Instrument Based on Arduino Uno Microcontroller and Its Implementation as A Learning Medium. Kappa Journal, 8(1), 34-38. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i1.24447
Mishra, P., dan M.J. Koehler. 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record. 6 (108): 1017-1054.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Sukenda, Falahah, da n L. Fubian. 2013. Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Pemanasan Global Dan Solusinya Menggunakan Pendekatan ADDIE. Paper Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2 - 4 Desember 2013 di Bali.
Surjono,H.D.2013.Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Pr oses Pembelajaran yang Inovatif.Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan & Saintec 2013 di UMS.
Downloads
Published
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Dwi Fajar Saputri, Wahyudi Wahyudi, Nurhayati Nurhayati, Nurussaniah Nurussaniah, Anita Anita, Syarif Lukman Hakim Alsagaf, Matsun Matsun, Siti Sarah, PELATIHAN EKSPERIMENTASI FISIKA DI ERA NEW NORMAL , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 1 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)