PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI TEKS BERITA
Keywords:
Video Animasi, Canva, minat belajar, Teks BeritaAbstract
Tujuan pada penelitian ini mengkaji penggunaan media belajar video animasi berbasis canva terhadap minat belajar dalam teks berita pada siswa kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan sumber data yang diperoleh dari studi kepustakaan atau library research. Hasil kajian pustaka yang didapatkan menjelaskan video animasi berbasis canva sebagai media pembelajaran menarik minat belajar siswa karena berisi berbagai elemen seperti teks, video, animasi, audio, gambar, dan grafik, sehingga memudahkan siswa belajar terutama pada teks berita yang hanya memaparkan materi dalam bentuk teks. Menjelaskan indikator apa saja yang terdapat pada minat belajar terhadap video animasi. Serta aspek penilaian yang ada dalam teks berita. Berdasarkan studi pustaka yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan video animasi berbasis canva menstimulus minat belajar pada siswa. Hal ini terjadi karena siswa kelas VII masih dalam masa peralihan belajar sambil bermain.
Downloads
References
Andani, S. T., & Anggraini, D. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 48-58.
Arizal, J., Mardiati, M., & Jumiatik, J. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50-59.
Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
Harnia, N. T., Meliasanti, F., & Setiawan, H. (2021). Analisis Framing Berita Perundungan pada Media Online Detik. Com dan Tribunnews. Com sebagai Bahan Ajar Teks Berita di SMP. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3145-3153.
Idamayanti, R., Yusdarina, Y., Sakti, I., & Hasan, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik. Khazanah Pendidikan, 15(2), 199– 203.
Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357-1363.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13- 18.
Mohzana, M. (2023). Penerapan Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 223-232.
Muhtadi, A.S. (2020). Pengantar Ilmu Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).
Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam menulis teks berita. Jurnal bahasa dan sastra, 3(4), 2302-2043.
Saharuddin, A. (2017). Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1, 1-8.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159-166.
Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Elearning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51– 57.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.