PENTINGNYA WRITING TOOLS (CHATGPT, SPINNER.ID, DAN MENDELEY) DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENULIS ILMIAH MAHASISWA DI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA
Keywords:
Writing Tools, ChatGPT, Spinner.id, Mendeley, Kreativitas Menulis IlmiahAbstract
Kemampuan menulis ilmiah adalah salah satu dari kompetensi yang wajib dimiliki mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Penelitian bertujuan menganalisis peran writing tools seperti ChatGPT, Spinner.id, dan Mendeley dalam meningkatkan kreativitas menulis ilmiah mahasiswa di Universitas PGRI Adi Buana. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap 30 orang mahasiswa yang terlibat secara partisipatif. Tahapan dari penelitian meliputi pemberian pre-test untuk mengukur kemampuan awal mahasiswa, pelatihan penggunaan writing tools, penerapan dalam tugas menulis karya ilmiah, dan post-test untuk mengetahui hasil intervensi. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pada kualitas dari tulisan ilmiah mahasiswa, terutama struktur, tata bahasa, dan sistematika referensi. ChatGPT membantu dalam pengembangan ide dan pembuatan konsep awal, Spinner.id memfasilitasi parafrase untuk penataan tulisan yang baik dan unik, sedangkan Mendeley mendukung manajemen daftar pustaka yang sistematis. Kesimpulannya bahwa dengan penggunaan writing tools secara terintegrasi dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa serta mampu memaksimalkan artificial intelligence (AI) pada aspek writing tools dalam menghasilkan karya ilmiah mahasiswa yang berkualitas. Sehingga mahasiswa tidak hanya sekadar tahu, tetapi juga mampu memanfaatkannya dengan baik dalam mewujudkan riset yang berkualitas. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah dengan mengembangkan pelatihan yang mendalam dan jangkauan peserta yang lebih luas agar memberikan pengaruh yang lebih besar dan signifikan
Downloads
References
Agustina, R., & Ikhlas, A. (2022). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA MENULIS KARYA ILMIAH DI STKIP MUHAMMADIYAH SUNGAI PENUH. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(4), 6–11. https://doi.org/10.31764/PENDEKAR.V5I4.11565
Alfin, J. (2018). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 60–66. https://e- jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1846
Arif, M. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA MELALUI METODE DEBAT AKTIF SISWA KELAS VIII D SMP N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(5), 62–74. https://journal.student.uny.ac.id/fiptp/article/view/2809
Arsana, I. W., Irnawati, I., Suhartono, S., L, B. B., Widyatama, P. R., Ayulusiana, W. E., & Listanto, K. P. (2023). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Manggali, 3(1), 56–64. https://doi.org/10.31331/MANGGALI.V3I1.2386
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/JPSK.V3I01.1951
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/SPP.V1I02.110
Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. Madaniyah, 11(2), 133–150. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/195
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2). https://doi.org/10.15294/JIPK.V12I2.7460
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1). https://doi.org/10.30984/JII.V5I1.562
Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.33364/MIFTEK/V.1-1.35
Juniarti, Y. (2020). PENTINGNYA KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK BAGI MAHASISWA POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG. Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 185–189. https://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593
Marampa, E. R., Pangaribuan, A., Siregar, J. P., Siburian, A., & Zai, S. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN: MEMPERKUAT KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH MAHASISWA MELALUI PENUGASAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH. JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN, 30(1), 34–48. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/56375
Nugraha, A. R., Az-Zahra, E. F., Suci, M. N., Khoiri, R. M., & Nugraha, R. G. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK MENGEDUKASI PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELAJARAN PPKN. Khazanah Pendidikan, 18(2), 272–284. https://doi.org/10.30595/JKP.V18I2.21790
Sahban, M. A. (2024). OPTIMASI KETERAMPILAN PENGOLAHAN DATA PENELITIAN BAGI DOSEN MELALUI PROGRAM PELATIHAN BERBASIS TEKNOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI SEM PLS, VOSVIEWER DAN ATLAS.TI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6354–6360. https://doi.org/10.31004/CDJ.V5I4.31506
Soegiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.O. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555. http://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6132
Suhartono, Srinarwati, D. R., Jatiningsih, O., Sari, M. M. K., Widyatama, P. R., Salma, J. A., & Irmandini, P. I. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Guru-guru MGMP dalam Menulis Artikel Ilmiah Sampai Publikasi di Jurnal. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 152–161. https://doi.org/10.36709/AMALILMIAH.V5I1.140
Surahman, S. (2024). PERANAN INOVASI PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIATOR DALAM HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(1), 97–105. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/240
Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). PENDAMPINGAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS JURNAL ILMIAH. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52. https://ojs- steialamar.org/index.php/JKIPM/article/view/61
Tohani, E. (2021). Peningkatan Kompetensi Pengembangan Program Pendidikan Nonformal Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Projek. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 69–81. https://doi.org/10.21831/JPIPFIP.V14I1.37569
Triadi, R. B., Hapsari, N. E., & Nursalim, M. P. (2022). Pelatihan Menulis Kreatif Berbasis Media Populer Pada Alumni Sastra Indonesia di Lingkungan Universitas Pamulang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.32815/JPM.V3I1.469
Wicaksa, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.30872/PLAKAT.V1I1.2690 Widyatama, P. R., & Suhari. (2023). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di SMP PGRI 1 Buduran. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 3(2), 174– 187. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/213
Widyatama, P. R., Uyun, Q., Risky, E. A., Ngene, P. K., Lestari, A. W. D., Jannah, A. N., Syaifudin, M., & Sari, M. M. K. (2024). Upaya meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIII SMPN 16 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1305–1322. https://doi.org/10.31004/IRJE.V4I3.1023
Zaman, A. Q., Irnawati, I., Arsana, I. W., Widyatama, P. R., & Irmandini, P. E. (2023). PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH PPKN GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENULIS GURU MGMP PPKN SMA KOTA SURABAYA. ABDIMAS UNWAHAS, 8(2). https://doi.org/10.31942/ABD.V8I2.10016