ANALISIS BUTIR SOAL PECAHAN PADA MAHASISWA: VALIDITAS, RELIABILITAS, DAYA PEMBEDA, TINGKAT KESUKARAN

Authors

  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak
  • Andina Nurul Wahidah IAIN Pontianak

Keywords:

Pecahan, Validitas, Realibilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik butir soal pecahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes yang betbentuk soal essay sebanyak 12 Soal. Sumber data pada penelitian adalah 29 lembar jawaban mahasiswa prodi PGMI IAIN Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Validitas isi dari 2 validator dengan 12 soal seluruhnya mendapat skor 1 (valid); 2) Reliabilitas didapat koefisien korelasi sebesar 0,776 termasuk kategori Reliabel; 3) Untuk Tingkat daya pembeda, terdapat 10 butir kategori daya pembedanya sangat baik, 2 butir kategori daya pembedanya baik; 4) Tingkat kesukaran soal untuk 12 butir soal, terdapat 2 butir kategori mudah, 7 butir kategori sedang, dan 3 butir kategori sulit/sukar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis Dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Alpusari, M. (2014). Analisis Butir Soal Konsep Dasar IPA 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 106-115.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran Penulis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Arifin, Z . (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal Mudarrisuna. 10(2), 58-74.

Farida dan Musyarofah.A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al- Mu’arrib : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1(1), 34-44.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lufri, L., dan Ardi, A. (2014). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Mahendra, I Wayan Eka. 2019. Analisis Butir Soal. Bali : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Kumalasari, Ade, dan Sugiman. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(1):17-18

Putri, R.H., dan Ofianto. (2019). Efektivitas Analisis Butir Menggunakan Anajohn, Anates, dan Iteman Studi Soal USBN Pelajaran Sejarah Kota Padang. Kronologi : Jurnal Mahasiswa Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 1(2), 1-11.

Santoso. A. dkk. (2019). Kualitas Butir Bank Soal Statistika (Studi Kasus: Instrumen Ujian Akhir Mata Kuliah Statistika Universitas Terbuka). Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6 (2), 165-176.

Sarassanti. Y, dkk (2023). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Analisis Data Statistik. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP). 270-276

Subarinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2024-12-27

Most read articles by the same author(s)