POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tri Gunawan Univseritas Negeri Malang
  • Sajidah Muhabbatillah Univseritas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1006

Keywords:

pola asuh, Facebook, Sekolah Dasar,

Abstract

Globalisasi dan modernisasi membawa perubahan yang sangat besar terutama dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi memunculkan kemudahan-kemudahan dalam mengakses pelbagai media sosial di internet. Bahkan, Facebook telah dimiliki oleh siswa-siswi Sekolah Dasar dan dapat mereka akses kapan saja. Penelitian ini dilakukan di Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Facebook yang adalah anak Sekolah Dasar dilandasi fanatisme mereka terhadap klub sepakbola Persebaya. Pola asuh yang dikembangkan orang tua dalam penggunaan Facebook pada anak mereka adalah dengan menerapkan pola asuh authoritarian yaitu membebaskan anak bermain Facebook tetapi menerapkan batasan-batasan seperti tidak melupakan kewajiban anak sebagai siswa Sekolah Dasar. Serta pola asuh neglectful dimana orang tua acuh tak acuh terhadap anaknya yang menggunakan Facebook.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.(cetak ke-6) Jakarta: Rineka Cipta.

Daldjoeni, N. (2014). Pengantar Geografi untuk Mahasiswa dan Guru di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Dimyati dan Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Ristek dan Dikti no 19 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi [Online]. Tersedia: kopertis3.or.id diakses tanggal 12 Mei 2017.

Shafira. (2012). BAB II Kajian Pustaka Geografi : Konsep Geografi [Online]. Tersedia: eprints.uny.ac.id/8785/3/BAB%202%20-%2010405247004.pdf. diakses tanggal 07 Februari 2017.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Gunawan, T. and Muhabbatillah, S. (2019) “POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA ANAK SEKOLAH DASAR”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), pp. 82–95. doi: 10.31571/sosial.v6i1.1006.