KONSEP MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN SERTA IMPLEMENTASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Idham Azwar Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.104

Abstract

Perkembangan masyarakat yang sangat dinamis serta masalah-masalah sosial yang dewasa ini terus berkembang membutuhkan perhatian dan kepekaan dari seluruh elemen bangsa tidak hanya dari para pakar dan pemerhati masalah sosial namun juga dunia pendidikan yang punya peran sangat strategis sebagai wahana dan “agent of change†bagi masyarakat. Kondisi masyarakat Indonesia yang sangat plural  baik dari aspek suku, ras, agama serta status sosial memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap perkembangan dan dinamika dalam masyarakat. Untuk itu dipandang sangat penting memberikan porsi pendidikan multikultural dalam sistem pendidikan di Indonesia baik melalui substansi maupun model pembelajaran. Hal ini dipandang penting untuk memberikan pembekalan dan membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian serta melatih kepekaan peserta didik dalam menghadapi gejala-gejala dan masalah-masalah sosial yang terjadi pada lingkungan masyarakatnya.

 

Kata Kunci: pendidikan, multikultur, multikulturalisme, Pendidikan Multikultur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Azwar, I. (2016) “KONSEP MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN SERTA IMPLEMENTASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 183–197. doi: 10.31571/sosial.v2i2.104.