INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MTS. MATHLAUL ANWAR KOTA PONTIANAK

Authors

  • Muhammad Anwar Rubei Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn untuk mengembangkan kemandirian Siswa di MTs. Mathlaul Anwar Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian ini dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di MTS. Mathlaul Anwar Pontianak melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. tahap perencanaan, guru memasukkan muatan karakter dalam silabus dan RPP. tahap pelaksanaan, guru menyampaikan materi dengan mengaitkan langsung dengan kehidupan nyata. guru menerapkan metode, media pembelajaran dan sumber belajar yang bervariasi untuk mendukung pembelajaran berkarakter sehingga lebih bermakna bagi siswa. tahap evaluasi, guru masih belum secara optimal melakukan evaluasi pembelajaran berkarakter, masih terfokus pada pengukuran aspek kognitif. Namun guru sudah melakukan bentuk penilaian yang mengukur sikap karakter siswa dengan melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Kemandirian Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Rubei, M. A. (2016) “INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MTS. MATHLAUL ANWAR KOTA PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 198–212. doi: 10.31571/sosial.v2i2.105.