KORELASI AKTIVITAS MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DI IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Musti’ah Musti’ah Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.106

Abstract

Aktivitas mahasiswa di perpustakaan memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan belajar selama mereka duduk di bangku kuliah. Namun, apakah ada hubungan aktivitas mereka dengan prestasi belajarnya khusus pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan: (1) korelasi aktivitas mahasiswa di perpustakaan dengan prestasi belajar di IKIP PGRI Pontianak; (2) sejauhmana korelasi aktivitas mahasiswa di Perpustakaan dengan prestasi belajar di IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan kuantitatif dengan bentuk korelasi antara aktivitas mahasiswa di perpustakaan dan prestasi belajar mata kuliah PAI. Berdasarkan hasil cluster random sampling, maka sampel diambil satu kelas sebanyak 44 mahasiswa dari total populasi sebanyak 175 (4 kelas). Data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumen analisis. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil perhitungan nilai r, yaitu 0,247 dan dikonsultasikan dengan r tabel dengan harga kritik 5% sebesar 0,213 (0,247>0,213), maka hipotesis yang menyatakan aktivitas mahasiswa di perpustakaan memiliki korelasi  dengan prestasi belajar PAI di IKIP PGRI Pontianak diterima dengan tingkat korelasi yang rendah.

 

Kata Kunci: perpustakaan, prestasi, PAI, korelasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Musti’ah, M. (2016) “KORELASI AKTIVITAS MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DI IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 213–220. doi: 10.31571/sosial.v2i2.106.