PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DDD-E

Authors

  • Havizul Havizul SDN 06 Pontianak Kota

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202

Keywords:

multimedia interaktif, pembelajaran IPS, model DDD-E,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan di SDN 06 Pontianak Kota. Materi yang diangkat adalah tentang “Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesiaâ€. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model desain instruksional yang digunakan adalah model DDD-E yang terdiri atas empat langkah, yaitu: (1) Decide, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Evaluate. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan alat lembar observasi dan teknik pengukuran dengan alat berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang telah dikembangkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran serta hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Havizul Havizul, SDN 06 Pontianak Kota

Penulis adalah lulusan Diploma III Politeknik Negeri Pontianak Jurusan Teknik Elektro Tahun 2005, Strata I Universitas Tanjungpura Jurusan Teknik Elektro Tahun 2011, dan menjadi mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Universitas Tanjungpura sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Penulis pernah bekerja sebagai staff EDP dan Inventory di salah satu perusahaan finance ternama di Indonesia pada tahun 2010 hingga 2011, sebagai staff IT di perusahaan yang bergerak di bidang Hutan Tanaman Industri pada tahun 2011 hingga 2018, sebagai guru Sekolah Dasar di SDN 06 Pontianak Kota pada tahun 2018, sebagai pembimbing di lembaga Bimbingan Belajar Thiya pada tahun 2018, dan sebagai Pranata Komputer di Universitas Tanjungpura.

Saat ini penulis sedang fokus dalam penulisan Tesis sebagai syarat untuk menyelesaikan program Magister Teknologi Pendidikan di Universitas Tanjungpura.

References

Anonim. 2013. “Piaget: Tahap Operasional Konkretâ€. dalam https://www.asikbelajar.com/piaget-tahap-operasional-konkre/. Diakses Tanggal 7 Agustus 2019.

Asrori, M. 2015. Perkembangan Peserta Didik: Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Yogyakarta: Media Akademi.

Dali S. Naga. “Ukuran Efek Dalam Laporan Hasil Penelitian†dalam http://dali.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/399/Publications/files/399/4861-aARCHE.doc. Diakses Tanggal 9 Agustus 2019, pukul 10:25 WIB.

Getut, Pramesti. 2014. Statistika Lengkap Secara Teori dan Aplikasi Dengan SPSS 23. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.

HUMAS. 2016. “Analisis Data Statistik Inferensial†dalam https://penalaran-unm.org/analisis-data-statistik-inferensial/. Diakses Tanggal 8 Agustus 2019.

Raharjo, Sahid. 2015. “Uji Normalitas Data Rumus Shapiro-Wilk dengan SPSS†dalam https://www.konsistensi.com/2013/04/uji-normalitas-data-dengan-spss.html. Diakses Tanggal 9 Agustus 2019.

Raharjo, Sahid. 2017. “Cara Uji Paired Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS†dalam https://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-uji-paired-sample-t-test-dan.html. Diakses Tanggal 9 Agustus 2019.

Rizki. 2019. “Teknik Analisis Data Kualitatif, Kuantitatif, Menurut Para Ahli†dalam https://pastiguna.com/teknik-analisis-data/#A_Teknik_Analisis_Data_Kuantitatif. Diakses Tanggal 8 Agustus 2019.

Tegeh, I Made. Jampel, I Nyoman. Pudjawan, Ketut. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-02-04

How to Cite

Havizul, H. (2020) “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DDD-E”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), pp. 283–297. doi: 10.31571/sosial.v6i2.1202.