PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SEJARAH BANI UMAIYAH KELAS VIII SMPN 3 PONTIANAK

Authors

  • Nurul Muhson SMP Negeri 3 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1230

Keywords:

Blended Learning, hasil belajar, PAI,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih konvensional  dan kurang inovatif. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran blended learning dengan prosedur yang benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh blended learning  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sejarah Bani Umaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penerapan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif, hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar dari siklus ke siklus berikutnya. Sebelum diterapkannya blended learning di pra-siklus dilakukan uji coba tes kepada 29 siswa dan hanya 3,45% siswa yang tuntas, berarti ada 96,55% siswa yang belum tuntas. Pada siklus 1 dilakukan tindakan dengan menerapkan blended learning, maka siswa yang tuntas sebanyak 55,17% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 44,83%. Pada siklus 2 dilakukan tindakan yang sama, yaitu dengan menerapkan blended learning, maka siswa yang tuntas sebanyak 86,21% dan siswa yang belum tuntas sebesar 13,79%. Dengan demikian, pembelajaran dengan menerapkan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesto Hadi Sutopo. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E-Learning Offline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

John M.Echols dan Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta:PT Gramedia.

Nur Hidayah.2013. Panduan Praktis Penyusunan dan Pelaporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rully Indrawan dan R.Poppy Yaniawati. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT.Refika Aditama.

Singgih Prihadi. 2013. Model Blended Learning Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Geografi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suhartono. 2016. Menggagas Pendekatan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VIII, Universitas Terbuka Convention Center, UPBJJ -UT Semarang 26 November 2016.

Sarwiji Suwandi. 2011. Model-Model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Wasis D. Dwiyogo. 2016. Pembelajaran Visioner. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wasis D. Dwiyogo.2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: RajaGrafindo Persada.

Wendhie Prayitno.tt. Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Muhson, N. (2019) “PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SEJARAH BANI UMAIYAH KELAS VIII SMPN 3 PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), pp. 12–25. doi: 10.31571/sosial.v6i1.1230.