IMPLEMENTASI SILA KE EMPAT BERLANDASKAN PANCASILA PADA MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Erna Octavia IKIP PGRI Pontianak
  • Anwar Rube’i IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1261

Keywords:

implementasi, sila ke-4, Pancasila,

Abstract

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, dasar-dasar negara Indonesia, juga merupakan ideologi nasional negara kita. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai yang kebenarannya diakui, dan menimbulkan tekad untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari telah mengalami degradasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat, fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa Implementasi sila keempat berlandaskan Pancasila pada mahasiswa IKIP PGRI Pontianak sudah terlakasana dengan baik, walaupun semua nilai-nilai pancasila belum dapat terimplementasi secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, H. (2010). Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Darmodiharjo, Darji dkk. (1991). Santiaji Pancasiila suatu Tinjauan Filosofis, Historis, dan Yuridis-Konstitusional. Surabaya: Usaha Nasional

Dwiyanto, D. Dan Saksono, G. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Negara Pancasila: Agama atau Sekuler, Sosialis atau Kapitalis.Yogyakarta: Ampera Utama

Kaelan. (2002). Filsafat Pancasila Pandangan hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma

Kaelan. (1996). Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kirdi Dipoyudo. Pancasila, arti dan Pelaksanaannya. Jakarta : CSIS

Kusuma, I. A. (2002). Model Pembelajaran Portofolio Dalam Membina Nilai Kepemimpinan Pada Diri Siswa. (Penelitian Tindakan pada Pembelajaran PKn di SLTP 9 Purwakarta). Bandung: Tesis PPS UPI.

Mardalis. (2002). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, B. Matthew dan Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Pers).

Moleong. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Satori, dan Komariah (2012), Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2012), Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, P. J. (1993). Pancasila Budaya Bangsa Indonesia. Yogyakarta : Kanisius.

Suwarna, PT (1991) : 12. Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Keputusan Masyarakat. Jakarta : PT Bumi Aksara

Tap. MPR No. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetya Pancakarsa).

Tim Filsafat UGM (2005). Pendidikan Pancasila. Edisi 2 Jakarta : Universitas Terbuka.

Widjaja. (1996). Kesadaran Hukum Manusia dan Masyarakat Pancasila. Jakarta : CV Era Swasta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

https://uditsutri06.blogspot.co.id/2015/01/implementasi-nilai-pancasila-dalam.html

http://abdulghanni.blogspot.co.id/2011/02/makalah-peran-pancasila-di-era.html

https://www.academia.edu/10096845/Implementasi_Pancasila_Dalam_Era_Globalisasi.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Octavia, E. and Rube’i, A. (2019) “IMPLEMENTASI SILA KE EMPAT BERLANDASKAN PANCASILA PADA MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), pp. 149–164. doi: 10.31571/sosial.v6i1.1261.