PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

I Kadek Satria Arsana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 responden ditarik menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan kedua variabel bebas baik secara parsial maupun secara simultan memberikan dampak yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, jika dilihat dari nilai determinasi parsial maka variabel keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dijelaskan bahwa semakin kreatif dan inovatif guru dalam mengajar semakin membuat siswa tertarik atau termotivasi dalam belajar. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa fasilitas belajar juga memiliki andil dalam meningkatkan motivasi belajar sebab fasilitas belajar merupakan faktor penunjang yang sangat dibutuhkan didalam proses belajar.

Keywords


keterampilan mengajar guru; fasilitas belajar; motivasi;

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Syed Zamberi & Buchanan, Frederick Robert. 2015. "Motivation Factors In Students Decision To Study At International Branch Campuses In Malaya, Studies In Higher Education".

Astuti, Sri Endang dan Resminingsih. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid I. Jakarta: PT. Grasindo.

Aziz, Asria. 2016. “Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar”. Journal of EST, Volume 2 Nomor 2 Agustus 2016 hal. 65- 73.

Bafadal, Ibrahim. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Apikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gnoth, J. & Juric, B. 1996. "Student’s Motivation to Study Introductory Marketing, Educational Psychology". International Journal Of Experimental Educational Psychology. 16:4, 389-405.

Han, J & Yin, H. 2016. "Teacher Motivation: Definition, Research Development and Implications for Teacher". Cogent Education, 3: 1217819 http://dx.doi.org/10.1080/2331186X.2016.1217819.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Prianto, Agus dan Tuni Heni Putri. “Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM). Vol. 1, No. 2, Desember 2017, hlm. 13-38. ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ekonomi.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Uno, Hamzah. B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/:diakses tanggal 15 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302