MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Aliwanto Aliwanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik yang menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak tahun pelajaran 2012/2013 tergolong rendah untuk aspek-aspek tertentu, untuk itu perlu diberikan tindakan dari model yang telah dirancang. Penelitian ini menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis pendekatan humanistik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari uji efektifitas yang dilakukan bahwa model bimbingan kelompok berbasis pendekatan humanistik efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hipotesis menunjukkan bahwa semua indikator motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang berarti setelah diberikan bimbingan kelompok berbasis pendekatan humanistik.

               

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Bimbingan, Kelompok Berbasis Pendekatan Humanistik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v1i1.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302