MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Aliwanto Aliwanto Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera No. 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v1i1.143

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik yang menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak tahun pelajaran 2012/2013 tergolong rendah untuk aspek-aspek tertentu, untuk itu perlu diberikan tindakan dari model yang telah dirancang. Penelitian ini menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis pendekatan humanistik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari uji efektifitas yang dilakukan bahwa model bimbingan kelompok berbasis pendekatan humanistik efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hipotesis menunjukkan bahwa semua indikator motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang berarti setelah diberikan bimbingan kelompok berbasis pendekatan humanistik.

               

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Bimbingan, Kelompok Berbasis Pendekatan Humanistik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-24

How to Cite

Aliwanto, A. (2016) “MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), pp. 1–12. doi: 10.31571/sosial.v1i1.143.