PEMANFAATAN LABORATORIUM SEJARAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Semester III STKIP PGRI Pontianak)

Authors

  • Muhammad Syaifulloh, Basuki Wibowo, Siswandi Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pontianak, Jln. Ampera No. 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v1i1.148

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mendeskripsikan wilayah dan latar belakang sejarah Keraton Kadariyah,(2) Mendeskripsikan upaya pengembangan dan pelestarian yang dilakukan oleh  Pemerintah Kota Pontianak terhadap Kraton Kadariyah sebagai objek wisata, dan (3) Mendeskripsikan manfaat pengembangan dan pelestarian Kraton Kadariah terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yang meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Lokasi penelitian di wilayah Kota Pontianak Kalimantan Barat dan Penelitian dilakukan pada keluarga besar keraton Kadariah Pontianak, dinas pariwisata Kota Pontianak  dan masyarakat yang tinggal disekitar keraton Kadariah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan Kalimantan Barat termasuk daerah yang belum melakukan optimalisasi terhadap cagar budaya sebagai daya tarik wisata termasuk Keraton Kadariyah. Keraton Kadriyah sebagai daya tarik wisata kota pontianak memberi peran yang cukup besar bagi masyarakat yang bermukim di area keraton, terutama bagi sektor ekonomi masyarakat dengan melihat antusias pembukaan-pembukaan area perdagangan di sekitar Keraton. Upaya pemerintah kota Pontianak dalam pengembangan dan pelestarian kraton kadariyah sebagai objek wisata hanya sebatas promosi saja.Peneliti menyarankan perlunya  kesadaran akan pentingnya bangunan sejarah sebagai simbol kejayaan masa lalu yang dapat tercermin pada saat kini serta menjadi potensi pariwisata yang sangat berharga. Pemerintah daearah diharapkan membantu Pembinaan terhadap masyarakat disekitar keraton harus dilakukan oleh pemerintah, hal ini dikarenakan dalam prinsip pariwisata keramahan masyarakat pendukung sangat diperlukan. Penataan kembali bangunan pendukung juga sangat diperlukan, hal ini untuk menunjang kenyamanan para wisatawan.

Kata Kunci: Pengembangan dan Pelestarian Pariwisata, Kraton Kadriyah 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-24

How to Cite

Siswandi, M. S. B. W. (2016) “PEMANFAATAN LABORATORIUM SEJARAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Semester III STKIP PGRI Pontianak)”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), pp. 59–72. doi: 10.31571/sosial.v1i1.148.