PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Authors

  • Rustam Rustam Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera No. 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v1i1.150

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan dilapangan bahwa beberapa siswa mennujukkan rendahnya kecerdasan emosional sehingga perlu diberikan layanan yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa  melalui bimbingan kelompok berbasis islami. Tujuan penelitian ini menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis Islami yang  efektif  untuk  meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Metode Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Sampel sejumlah 10 siswa dipilih secara purposive sampling. Model bimbingan kelompok berbasis Islami yang dikembangkan merupakan proses pemberian bantuan kepada individu melalui dinamika kelompok berlandaskan pada nilai-nilai islam dalam al-qur’an dan hadist, yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif memanfaatkan pikiran dan pengalaman anggota kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis Islami terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Disarankan untuk selalu meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling dan guru pembimbing dapat menggunakan model ini dalam membantu siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

 

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Berbasis Islami, Kecerdasan Emosional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-24

How to Cite

Rustam, R. (2016) “PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), pp. 83–94. doi: 10.31571/sosial.v1i1.150.