PENGEMBANGAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA ETNIS DAYAK SMU PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Yenni Rizal, Uray Herlina Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera No. 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v1i1.152

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah Pengembangan konseling kelompok dengan teknik behavior  untuk meningkatkan konsep diri siswa etnis Dayak, dan pengembangan perangkat pendukung layanan bimbingan dan konseling meliputi: program, silabus, satuan layanan (satlan), lembar observasi, dan tes kemampuan konsep diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Jenis penelitian R&D adalah jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan temuan hasil penelitian dan pembahasan mengenai konsep diri siawa SMU Negeri 5 Pontianak. Maka dibuatlah kesimpulannya secara umum konsep diri siswa SMU Negeri 5 Pontianak sudah cukup baik namun masih perlu di tingkatkan melalui rancangan desain pengembangan teknik behavioral dalam konseling kelompok dalam meingkatkan konsep diri siswa pada SMU negri 5 Pontianak beserta prototype yang telah di susun dan terkonsep secara baik yang sasarannya meliputi aspek perceptual (physical self-concept), aspek konseptual (psychological self-concept), aspek attitudinal.

 

Kata Kunci: Konseling kelompok, Teknik Behavior, konsep diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-24

How to Cite

Uray Herlina, Y. R. (2016) “PENGEMBANGAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA ETNIS DAYAK SMU PONTIANAK KALIMANTAN BARAT”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), pp. 109–115. doi: 10.31571/sosial.v1i1.152.