CRITICAL THINKING DAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENJAWAB TANTANGAN ABAD 21

Dyah Indraswati, Dina Anika Marhayani, Deni Sutisna, Arif Widodo, Mohammad Archi Maulyda

Abstract


Artikel ini bertujuan mengkaji pentingnya critical thinking dan problem solving dalam pembelajaran IPS untuk menjawab tantangan abad 21. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. 4 keterampilan abad 21 yaitu: communication, collaboration, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation. Tujuan pembelajaran IPS adalah mengembangkan potensi peserta didik agar terampil mengatasi masalah sosial. Pembelajaran IPS pada abad 21 harus integrative, holistic, saintifik, konstektual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Pentingnya critical thinking dan Problem Solving dalam pembelajaran IPS adalah agar peserta didik dapat merangsang, menganalisis, dan melakukan sintesis tepat dimana masalah itu berada, atas inisiatif sendiri.


Keywords


critical thinking; problem solving; IPS; tantangan abad 21;

Full Text:

PDF

References


Angelo, T. A. (1995). “Classroom assessment for critical thinking”. Teaching of Psychology, 22, 6-7.

Arif Widodo, Dyah Indraswati, Deni Sutisna, Nursaptini, S. N. (2020). Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (Pdbk) Di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok. Jurnal Pendidikan Inklusi (JPI), 3(2), 102–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p102-116.

Bahr, Nan. (2010). “Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education”. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning (Vol. 4: No. 2, Artikel 9).

Bloom, B., S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I: The Cognitive Domain. New York, NY: David McKay Co Inc.

BSNP. (2010). “Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI”. [Online]. Tersedia: http://www.bsnpindonesia.org/id/wpcontent/uploads/2012/04/Laporan-BSNP-2010.pdf.

Changwong, K. (2018). “Critical thinking skill development : Analysis of a new learning management model for Thai high schools”. 11, 37–48. https://doi.org/10.14254/20718330.2018/11-2/3.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dan, S., Menurut, P., & Siswa, S. (n.d.). Perbedaan berpikir kritis antara model problem solving dan posing menurut sikap siswa 1). (1).

Deni Sutisna, Dyah Indraswati, Nursaptini, Setiani Novitasari, M. S. (2020). Penerapan Program Pendidikan Inklusi Di SDN 1 Sangkawana Lombok Tengah. Progres Pendidikan, 1(2), 115–127.

Dyah Indraswati, Arif Widodo, Aisa Nikmah Rahmatih, Mohammad Archi Maulyda, M. E. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak Dan Keluarga Di Sdn 2 Hegarsari, Sdn Kaligintung, Dan Sdn 1 Sangkawana. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Kelaurga Dan Pendidikan, 7(April), 51–62. https://doi.org/: http://doi.org/10.21009/JKKP.071.05.

Hestiningsih, Nur & Sugiharsono. (2015). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pembelajaran IPS Melalui Metode Problem Solving Berbantuan Media Informasi”. Jurnal Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume 2, No 1, Maret 2015 (71-85).

Hidayah, Ratna, dkk. (2017) “Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian”. Jurnal Taman Cendekia. Vol.01 No. 02 December 2017.

https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/02/06/o24uep284-strategi-4c-untuk-tingkatkan-mutu-pendidikan diakses tanggal 13 September 2019 pukul 15.00 WITA.

Indraswati, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) Terhadap : Kompetensi Sikap Siswa , Kompetensi. Journal Research and Analysis : Economy, 1(2), 52–58. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JRAE/article/view/953.

Karakoç, M. (2016). “The Significance Of Critical Thinking Ability In Terms Of Education”. International Journal of Humanities and Social Science, 6(7), 81–84.

Kartono, Kartini. (1985). Bimbingan dan Dasar-Dasar Pelaksanaannya. Jakarta: CV Rajawali.

Kemendikbud. Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Kemendikbud. No.0490/U/1992. Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Maulidya, Anita. (2018). “Berpikir dan Problem Solving:. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab. Volume 4 No 1.

Onions, P. (2009). “Thinking Critically. An Introduction, Working Paper”. .http://www.patrickonions.org/docs/academic/2009%20Thinking%20critica lly.pdf. [12 September 2019].

P21. (2008). 21st Century Skills, Education & Competitiveness. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills.

Ronald A. Styron, Jr. (2014). “Critical Thinking and Collaboration: A Strategy to Enhance Student Learning”. Systemics, Cybernetics, And Informatics Journal. Volume 12 Number 7. 1690-4524.

Sugiyarti, L., & Arif, A. (2018). Pembelajaran Abad 21 Di Sd. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 439–444.

Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susiana, E. (2012). IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.15294/kreano.v1i2.1491

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 29–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep: Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, JohnWiley & Sons, 978-0-47-055362-6.

Trilling, Bernie and Hood, Paul. 1999. Learning, Technology, and Education Reform In The

Knowledge Age, (Online), (https://www.wested.org/online_pubs/ learning_technology.pdf.), diakses tanggal 11 Mei 2016.

Widodo, A., Indraswati, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. I. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(February), 34–48. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968.

Widodo, A., Husniati, H., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., & Novitasari, S. (2020). Prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah pengantar pendidikan ditinjau dari segi minat baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3808.

Widodo, A., & Indraswati, D. (2019). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “ Panas dan Perpindahannya ” Kurikulum 2013. Madrasah, 12(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744.

Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 Dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125–133. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231.

Wijaya, Etistika Yuni.,dkk. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruhan Malang Volume 1 Tahun 2016.

Winarso, W. (2014). Problem Solving , Creativity dan Decision Making Dalam Pembelajaran Matematika Widodo Winarso. 3(1).

Vygostsky, L.S. (1978). Mind in society the development of higher psychological processes. Diedit oleh Michael Cole et al. USA: Harvard University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302