PENGUATAN NILAI KARAKTER DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Authors

  • Martin Martin IKIP PGRI Pontianak
  • Toni Elmansyah IKIP PGRI Pontianak
  • Fety Novianty IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1552

Keywords:

penguatan nilai karakter, layanan penguasaan konten, prestasi akademik mahasiswa,

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi akademik mahasiswa setelah diberikan penguatan nilai-nilai karakter dalam layanan penguasaan konten. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpul data yaitu studi dokumenter dan observasi lansung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi berupa kartu hasil studi dan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai karakter dalam layanan penguasaan konten dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat SD dan SMP. Jakarta: Kemendikbud.

Tadjri, Imam. 2012. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Widya Karya.

Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Pres

Saputro. 2012. "Pegaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa". Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.Vol. 10 No. 1. Hal 78-97.

Yulianingsih. 2015. "Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak". Jurnal Edukasi. Vol. 13. No. 2. Hal: 239-248.

Downloads

Published

2020-01-07

How to Cite

Martin, M., Elmansyah, T. and Novianty, F. (2020) “PENGUATAN NILAI KARAKTER DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), pp. 165–178. doi: 10.31571/sosial.v6i2.1552.

Most read articles by the same author(s)