UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK KONSELING BEHAVIOR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 10 PONTIANAK

Endah Fitriani

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus tindakan. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri sedang dan rendah. Hasil penelitian yang diperoleh, sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri dengan presentase sedang 68,75%, peserta didik dengan kepercayaan diri dengan presentase rendah 53,75%. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus 1, 8 orang peserta didik dengan kepercayaan diri sedang mengalami peningkatan dari 70% - 72,75% masuk dalam presentase kategori tinggi dan dua orang peserta didik presentase kepercayaan diri rendah bertambah 67,5%-68,78% masuk dalam kategori presentase sedang. Sedangkan pada siklus 2, peserta didik dengan presentase kepercayaan diri sedang bertambah 83,75% masuk dalam kategori presentase tinggi dan peserta didik dengan kepercayaan diri rendah bertambah 76,25% masuk dalam kategori presentase tinggi sehingga pada siklus 2 skala  kepercayaan diri  untuk 10 orang peserta didik masuk dalam kategori tinggi.

Keywords


kepercayaan diri; layanan bimbingan kelompok; teknik behavior;

Full Text:

PDF

References


Abdurrakhman Gintings. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru – Dosen. Bandung: Humaniora

Anita, Lie. 2003. 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Elix Media Komputindo.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi vol 4. Translated by Drs Mulyarto. Semarang: IKIP Semarang Press.

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Das Salirawati. 2012. "Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiawa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik". Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 2. No. 11. Hlm. 218-219.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Hallen A. 2005. Bimbingan dan Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Quantum Teaching.

Inge Pudjiastuti A. 2010. "Memperkuat Kepercayaan Diri Anak Melalui Percakapan Referensial". Jurnal Pendidikan Penabur. no 15.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalila Indonesia.

Prayitno dan Erman Amti. 1994. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rienika Cipta.

Pujosuwarno Sayekti. 1993. Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Yogyakarta: Menara Mas Offset.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Pres

Rahkmat, J. 2000. Psikologi Komunikasi rev.ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rita Eka Izzaty, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Romlah. 2001. Layanan Bimbingan Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J.W. 2003. Adolsence. Jakarta: Erlangga.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rasa Grafindo Persada.

Sukardi, D.K. 2000. Manejemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta: Gramedia.

Winkel, W.S dan Hastuti, S.N.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302