PERANAN PETIRTAAN JOLOTUNDO UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Mirza Nurhalizza, Rully Putri Nirmala Puji, Bambang Soepeno

Abstract


Petirtaan Jolotundo merupakan salah satu peninggalan yang bersejarah dari Kabupaten Mojokerto, Petirtaan ini berupa bangunan candi sehingga sering disebut Petirtaan Candi Jolotundo. Pembelajaran sejarah membutuhkan inovasi seiring perkembangan zaman, diperlukan pengembangan media pembelajaran sehingga ada visualisasi guna mengoptimalisasikan pembelajaran yang ada di kelas. Media pembelajaran audiovisual menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah, media audiovisual menyajikan audio (suara) dan visual (gambar). Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterkaitan penggunaan media audiovisual terhadap kesadaran sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah, untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan media audiovisual terhadap kesadaran sejarah peserta didik di dalam pembelajaran dan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan candi sebagai media audio visual terhadap kesadaran sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pemanfaatan video sebagai media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan kesadaran sejarah bagi peserta didik.

Keywords


Petirtaan Jolotundo; media audiovisual; kesadaran sejarah;

Full Text:

PDF

References


Ainina, I. A. 2014. "Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah". Indonesia Journal of History Education, 3(1), 40–45.

Azhar, Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bappeda. 2014. "Potensi Kabupaten dan Kota Mojokerto". [Online] Terdapat pada: http://bappeda.jatimprov.go.id/bappeda/wpcontent/uploads/potensi-kab-kota-2013/kabmojokerto-2013.pdf [Diakses 23 April 2019].

Collingwood, RG., The Idea of History. London: Oxford University Press.

Gerlach dan Ely. 1971.Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education

Hutapea, F., & Purba, A. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Mengait Pada Siswa Tata Busana Smk Negeri 8 Medan. 58–66.

Kristinah, E & Aris, S. 2007. Mutiara-Mutiara Majapahit. Mojokerto: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Munandar, A. A. 2016. Arkeologi Pawitra. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Rahadi, D. G. B. 2013. "Konsistensi Raja Airlangga Dalam Menjalankan Dharma Di Jawa Timur Abad X-XI M". Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 1 (1):32-42.

Sayono, J. (2013). "Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya", 7(1), 109–123. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan budaya/article/view/4733.

Sidomulyo, H. 2013. Mengenal Petirtaan Purbakala Di Gunung Penanggungan. Surabaya: UBAYA Press

Sulistyo, D. B., Widodo, J. P., & A, A. F. A. 2010. Sejarah Wisata Jolotundo Trawas , Mojokerto Pada 1986-2010. (11).

Rahadi, D. G. B. 2013. "Konsistensi Raja Airlangga Dalam Menjalankan Dharma Di Jawa Timur Abad X-XI M". Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 1 (1):32-42.

Warto. 2017. "Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda". Pendidikan Sejarah, (September), Hlm. 2-3.

Wulandari, A. 2013. "Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Petirtaan Jalatunda". Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol 1(2):178-186.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302