SOSIALISASI PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK PAUD BINA ANANDA KABUPATEN LAHAT

Authors

  • Ariyanti Agus Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Alfitri Alfitri Universitas Sriwijaya
  • Didi Tahyudin Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1694

Keywords:

sosialisasi, kemandirian, kepercayaan diri,

Abstract

Potret membangun karakter yang terabaikan saat ini memperlihatkan kualitas hasil pendidikan anak usia dini (PAUD) belum signifikan, oleh karena itu penting untuk memperbaiki pendidikan karakter di lingkungan PAUD melalui kegiatan pembelajaran edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses sosialisasi pembentukan kemandirian dan kepercayaan diri peserta didik dan menganalisis hambatan yang terjadi selama proses sosialsiasi serta strategi untuk mengatasi hambatan di PAUD. Hasil penelitian diperoleh bahwa preparatory sebagai tahap penentu peserta didik mengikuti play stage dengan menjadikan guru sebagai role model melalui aktivitas yang membentuk kesadaran diri. Secara keseluruhan hasil terlihat pada game stage dan generalized stage melalui interaksi dilingkungan sosial. Dari proses sosialisasi diperoleh hambatan berupa kemampuan anak yang kurang maksimal di preparatory, adanya keterbatasan fasilitas dan kompetensi guru PAUD. Sehingga strategi yang digunakan dengan mengoptimalkan kemampuan anak, pemenuhan fasilitas dan peningkatan kompetensi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Majid, and Andayani Dian. (2017). “Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004.†P. 109 in, edited by wardan S anang. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. kedua. jakarta: bumi aksara.

Dariyo Agus. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. kedua. jakarta: Refika Aditama.

Denzin K. Norman, and yvonna S. Lincoln. (2009). “Handbook Of Qualitative Research.†Pp. 256–58 in, edited by Qudsy Z Saifuddin. Yogyakarta: Belajar Pustaka.

Idi Abdullah. (2014). Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat, Dan Pendidikan). keempat. edited by safarina. jakarta: PT RajaGrafindo Indoenesia.

Imas, Kurniasih, and Sani Berlin. 2017. “Pendidikan Karakter (Internalisasi Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah).†P. 7 in, edited by J. Adi. jakarta: distribusi solusi.

Koro, Maxsel, Ery Tri Djamika, and M. Ramli. (2017). “Self-Regulated Learning Sebagai Strategi.†(1997):788–95.

Lickona Thomas. 2(013). Character Matters (Persoalaan Karakter). pertama. edited by W. Uyu and Suryani. jakarta: bumi aksara.

Masrun, Martono, Haryanto, Purba Harjito, and Muhana Sofiati. (1986). “Studi Mengenai Kemandirian Pada Penduduk Di Tiga Suku Bangsa (Jawa, Batak, Bugis).†86.

Muchlas, Samani, and haryanto. (2017). “Pendidikan Karakter (Konsep Dan Model).†P. 2 in, edited by K. Adriyani. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa Bisri. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Pra Sekolah. pertama. Yogyakarta: dua satria offset.

Novan, Wiyani A., and barnawi. (2017). “Format PAUD (Konsep, Karakteristik Dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini).†P. 25 in, edited by Sandra Meita. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Ritzer George. (2012). Teori Sosiologi- Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. kedelapan. edited by djohar a winda. Yogyakarta: pustaka belajar.

Rozana, Asiatik Afrik, Abdul Hamid Wahid, and Chusnul Muali. (2017). “Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak.†Jurnal Pendidikan Anak 4(1):1–16.

Sunarto, Kamanto. (2004). Pengantar Sosiologi. kedua. edited by K. Sunarto. jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Pratiwi, A. A., Alfitri, A. and Tahyudin, D. (2020) “SOSIALISASI PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK PAUD BINA ANANDA KABUPATEN LAHAT”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), pp. 52–66. doi: 10.31571/sosial.v7i1.1694.