IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SILA KELIMA DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Puji Lestari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Sunarto Sunarto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Hadi Cahyono Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v7i2.1880

Keywords:

makna Pancasila, implementasi sila kelima, pembelajaran,

Abstract

Pancasila dijadikan acuan dalam dunia pendidikan sebagai dasar mengimplemntasikan pada pembelajaran. Tujuan implemntasi nilai-nilai Pancasila pada sila kelima dalam pembelajaran ini untuk mengetahui bagaimana cara implemetasi sila kelima tentang keadilan social yang adil beradap pada lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah studi pustaka proses penelitian yang mengambil dari literatur, buku, dan internet. Kemudian melakukan kegiatan telaah dari kajian yang relevan dengan pembahasan. Hasil dari pembahasan ini adalah implementasi sila kelima dalam pembelajaran ini pertama makna yang tercantum dalam setiap sila seperti saling menghargai umat beragama, memiliki budi pekerti yang baik, menjaga keutuhan bangsa, rakyat ikut serta dalam pengampilan keputusan, dan yang terakhir keadilan yang baik dan benar. Kedua implementasi nilai pancasila sila kelima dalam pembelajaran adalah berdiskusi, penerapan ekstrakulikuler, peduli antar sesama, menumbuhkan sikap nasionalisme, peduli terhadap lingkungan serta disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, Vol. 3, No. 1: 620-628.

Ani Sulianti, Y.E. (2020). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 3, No. 1: 54-65.

Aprida Pane, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2: 335-352.

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asmaroini, A.P. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi siswa di era globlisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 2: 440-450.

BPS Indonesia Sensus Penduduk. (2010). "Menggunakan Google sebagai penunjang data umat baeragama di Indonesia" dalam https://www.google.com/search?q=presentase+agama+di+Indonesia+2019/. Diakses Tanggal 30 Juni 2020.

Dalimunthe, L.A. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, Volume 12, Nomor 1: 115-125.

Daryanto, T.R. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Dewi Mutmainah, K. (2018). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk sikap dan kepribadian siswa. Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 2: 45-54.

Menlhk. (2019). “Menggunakan Google sebagai penunjang data sekolah adiwiyata†dalam http://ppid.menlhk.go.id. Diakses Pada Tanggal 30 Juni 2020.

Rianto, H. (2016). Implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab di lingkungan sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 3, No. 1:80-91.

Septi Rotari, K. K. (2017). Peran program adiwiyata mandiri dalam meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didk. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 5 No 1: 42-54.

Syarbaini, S. (2015). Pendidikan Pancasila Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tutik Rachmawati, D. (2015). Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNDANG-UNDANG DASAR 1945.

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Lestari, P., Sunarto, S. and Cahyono, H. (2021) “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SILA KELIMA DALAM PEMBELAJARAN”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), pp. 130–144. doi: 10.31571/sosial.v7i2.1880.