PENGUATAN PEMAHAMAN TEKNIK PENELITIAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA MATA KULIAH PENGANTAR ILMU SEJARAH

Authors

  • Teguh Agustian IKIP PGRI Pontianak
  • Basuki Wibowo IKIP PGRI Pontianak
  • Eka Jaya Putra Utama IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2200

Keywords:

media film, teknik penelitian sejarah,

Abstract

Peranan media sebagai sarana untuk memfasilitasi belajar dan mengajar, dalam hal ini media yang akan digunakan adalah media film yang bertujuan dapat membantu penguatan pemahaman mahasiswa pendidikan sejarah terkait tentang teknik penelitian sejarah. Dengan memadukan 4 teknik penelitian sejarah heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Media film akan lebih sangat membantu untuk mempraktekkan 4 teknik penelitian sejarah itu, karena dengan terlibat langsung dalam proses pembuatan dan penerapan, tentunya dalam pelaksanaannya akan lebih maksimal jika dilakukan dengan secara langsung. Harapan yang dihasilkan dari media film ini adalah memberikan penguatan dengan bantuan media film sebagai cara alternatif agar pemahaman dan aplikasi langsung bisa dipraktekkan oleh mahasiswa, sebelum nantinya pada tahapan lanjutan yang lebih luas, yaitu kepada penelitian sesungguhnya yang lebih pada komponen pendidikan sejarah dan ilmu sejarah yang lebih akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gottschalk, Louis. (2006). “Understanding historyâ€, a.b, Nugroho Notosusanto, Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Sadiman, Arif S, dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sutopo H.B, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta. Universitas Sebelas Maret

Sumargono, (2014). Tesis: Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Nasional Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Nasionalisme Pada Siswa Kelas Xii IPS SMA Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Teguh Agustian, (2015). Tesis: Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Film Dokumenter Masyarakat Multikulturaluntuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Mahasiswa di STKIP-PGRI Pontianak. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Agustian, T., Wibowo, B. and Utama, E. J. P. (2021) “PENGUATAN PEMAHAMAN TEKNIK PENELITIAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA MATA KULIAH PENGANTAR ILMU SEJARAH”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), pp. 66–72. doi: 10.31571/sosial.v8i1.2200.