PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE SEBAGAI PERWUJUDAN VISI-MISI KEPALA DAERAH TERPILIH DI KABUPATEN SINTANG PERIODE 2016-2021

Authors

  • Mardawani Mardawani STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Dessy Triana Relita mardawani113@yahoo.co.id

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2436

Keywords:

good governance, perwujudan visi-misi,

Abstract

Tujuan dalam penlitian ini yaitu ingin mengkaji lebih mendalam dari sisi ilmiah mengenai pelaksanaan Good Governance perwujudan visi-misi Kepala Daerah Kabupaten Sintang periode 2016-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif bentuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program telah dimulai sejak tahun pertama pemerintahan Bupati terpilih. Beberapa desa telah dibuka akses jalan, pembangunan sekolah, air bersih, puskesmas dan lain sebagainya. Namun tentunya sampai sekarang (2 tahun) kepemimpinan belum semuanya tercapai, hal tersebut disebabkan oleh beberapa kendala, antara lain: 1). Anggaran yang terbatas; 2). Luasnya wilayah kabupaten Sintang sehingga sulit terjangkau; 3). Dukungan dari pemerintah baik provinsi maupun pusat yang masih terbatas; dan lain sebagainya. Strategi yang digunakan dalam pencapaian Good Governance yaitu strategi inti, startegi konsekuensi, strategi pemakai jasa, strategi pengendalian, dan strategi budaya. Secara umum ketercapaian good governance menunjuk pada suatu proses pengelolaan pemerintahan melalui keterlibatan stakeholders yang luas dalam berbagai bidang speerti bidang ekonomi, sosial dan politik dan pendayagunaan sumber daya alam, keuangan masyarakat menurut kepentingan semua pihak dengan cara yang sesuai prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, persamaan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mardawani Mardawani, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Program Studi Pendidikan Kewarganegraan

References

Ali, Faried & Muhidin, Nurlina. 2012. Hukum Tata Pemerintahan Heterenom dan Otonom. Bandung: Refika Aditama.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Media Group.

Hakim, Lukman. 2012. Filosofi Kewenangan Lembaga Dearah. Malang : Setara Press.

http://spiritbloging.blogspot.com/2012/01/modul-9-tata-kelola-pemerintahan-yang.html

https://www.edukasippkn.com/2015/10/ciri-ciri-pemerintahan-yang-terbuka-dan.html

Juliansyah, Elvi. 2007. PILKADA Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Bandung: CV Mandar maju.

Malau, Hasbullah. 2013. Implementasi Good Governance Pada Pemerintahan Nagari Di Sumatera Barat. Jurnal: TINGKAP Vol. IX No. 2 Th. 2013.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish

Miles, Mattew B dan Hubermen, Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendy (2007), Jakarta: UI Press.

Rorong, E Mirando dkk. Implementasi Kebijakan Good Governance Pada Sekretariat Daerah Kota Bitung.

Sunarno, Siswanto. 2008. Hukum Pemerintahan Daerah di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Widjaja, Haw. 2013. Penyelenggaraan Otonomi Daerah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yin, Robert K. 2000. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Mardawani, M. and Relita, D. T. (2021) “PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE SEBAGAI PERWUJUDAN VISI-MISI KEPALA DAERAH TERPILIH DI KABUPATEN SINTANG PERIODE 2016-2021”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), pp. 73–85. doi: 10.31571/sosial.v8i1.2436.