ANALISIS PENDAPAT DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK TENTANG KURIKULUM 2013

Bohari, Karel Juniardi, Pujo Sukino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Pendapat Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah terhadap Kurikulum 2013; (2) Kesesuaian materi ajar pada mata kuliah yang diajarkan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah dengan materi pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Jenis penelitian ini mampu mengangkat berbagai informasi kualitatif secara lengkap dan mendalam untuk menjelaskan mengenai proses mengapa dan bagaimana sesuatu terjadi. Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel tunggal yaitu pendapat dosen terhadap Kurikulum 2013. Sampel penelitian ialah enam dosen yang aktif mengajar pada semester ganjil Tahun Akademik 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi langsung dan studi dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan panduan wawancara dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pendapat Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah terhadap Kurikulum 2013 memberi tanggapan positif adanya perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjadi Kurikulum 2013 karena dengan Kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah di sekolah lebih dihargai, penggalian sejarah lebih mendalam, serta proses pembelajaran berpusat pada siswasehingga siswa harus lebih aktif; (2) Terdapat kesesuaian materi ajar di perguruan tinggi dengan materi mata pelajaran Sejarah di tingkat SMA. Sebagai contoh adalah materi mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan yang sama dengan materi mata pelajaran Sejarah di Kelas XI Sekolah Menengah Atas  yang sudah menggunakan Kurikulum 2013.

Kata Kunci: Pendidikan Sejarah, Kurikulum 2013.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302