ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DI PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI TAHUN 2015
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.264Abstract
Tujuan peneliti ini adalah: (1) Untuk memperoleh gambaran tentang langkah dan usaha yang ditempuh oleh para mahasiswa dalam menyiapkan diri menghadapi Program Pengalaman Lapangan; dan (2) Untuk memperoleh gambaran kesiapan mahasiswa prodi Geografi dalam menghadapi PPL. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen pengampu mata kuliah micro teaching, dosen pembimbing micro teaching, dan mahasiswa prodi geografi IKIP PGRI Pontianak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini, menggunakan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah mengikuti model analisis interaktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Langkah dan usaha yang ditempuh oleh para mahasiswa menyiapkan diri terhadap pelaksanaan PPL: berdasarkan banyaknya intensitas maju mempraktikkan keterampilan mengajar ditambah dengan evaluasi dari kesempurnaan mempraktikkan keterampilan tersebut, maka keterampilan dan kesiapan mengajar akan selalu bertambah baik. Ketuntasan mahasiswa menempuh Mata Kuliah Dasar Kependidikan juga sangat menunjang kemampuan mahasiswa mengajar. Ketuntasan yang dicapai adalah mendapatkan kemampuan dan nilai baik pada mata kuliah tersebut; dan (2) Gambaran kesiapan yang dilakukan mahasiswa Prodi Geografi dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan: usia mahasiswa praktikan rata-rata pada umur 21 tahun. Intensitas banyaknya latihan maju untuk mempraktikkan keterampilan mengajar sangat berpengaruh terhadap pencapaian mengajar mahasiswa praktikan, kendala yang dialami oleh mahasiswa peserta pengajaran Micro Teaching terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci: Micro Teaching, PPL.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.