PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KARTOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK

Eviliyanto Eviliyanto

Abstract


Tujuan penelitian mencakup tiga hal yaitu mengetahui: (1) Penerapan metode demonstrasi pada mata kuliah kartografi mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester V; (2) Aktivitas belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore melalui penerapan metode demonstrasi; (3) Peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah kartografi Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore. Metode dalam kajian penelitian adalah classroom action research  melalui kolaborasi. Subyek penelitian adalah kelas B. Sore semester VI Prodi Pendidikan Geografi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi melalui panduan observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya: 1) Penerapan metode demonstrasi pada mata kuliah kartografi mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester VI yang sudah dilaksanakan termasuk kriteria baik, 2) Aktivitas belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore termasuk kriteria cukup aktif, 3) Terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah kartografi Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore 13.27%. 

Kata Kunci: demonstrasi, aktivitas belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302