PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KARTOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Eviliyanto Eviliyanto

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.266

Abstract

Tujuan penelitian mencakup tiga hal yaitu mengetahui: (1) Penerapan metode demonstrasi pada mata kuliah kartografi mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester V; (2) Aktivitas belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore melalui penerapan metode demonstrasi; (3) Peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah kartografi Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore. Metode dalam kajian penelitian adalah classroom action research  melalui kolaborasi. Subyek penelitian adalah kelas B. Sore semester VI Prodi Pendidikan Geografi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi melalui panduan observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya: 1) Penerapan metode demonstrasi pada mata kuliah kartografi mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester VI yang sudah dilaksanakan termasuk kriteria baik, 2) Aktivitas belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore termasuk kriteria cukup aktif, 3) Terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah kartografi Prodi Pendidikan Geografi semester VI kelas B sore 13.27%. 

Kata Kunci: demonstrasi, aktivitas belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eviliyanto Eviliyanto

Program Studi Pendidikan Geografi

 Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

IKIP-PGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Telp. (0561)748219 Fax. (0561) 6589855

 

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

Eviliyanto, E. (2016) “PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KARTOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), pp. 54–67. doi: 10.31571/sosial.v3i1.266.