MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Authors

  • Idham Azwar, Syarif Firmansyah, Erna Octavia

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.270

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan bernegara. Pendidikan merupakan proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental baik menyangkut daya pikir atau daya intelektual maupun daya emosional atau perasaan yang diarahkan kepada tabiat kepada manusia dan kepada sesama. Hal itu berbanding lurus dengan Undang-Undang  RI  No. 20  Tahun  2003 tentang  sistem  pendidikan  nasional BAB II, pasal 3 yaitu: Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Kata Kunci: meningkatkan, hasil belajar, model make a match, pendidikan multikultural.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Idham Azwar, Syarif Firmansyah, Erna Octavia

Program Studi PPKn

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

IKIP-PGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Telp. (0561)748219 Fax. (0561) 6589855

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

Erna Octavia, I. A. S. F. (2016) “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), pp. 102–113. doi: 10.31571/sosial.v3i1.270.